Hampir 2 Pekan Gempa Sulbar, 7 Desa Terdampak Masih Terisolasi
Nasional

Gempa bumi besar menyebabkan terjadinya longsor yang lantas mengisolasi sejumlah daerah terdampak, termasuk 7 desa berikut. Bantuan pun didistribusikan lewat jalur udara.

WowKeren - Kawasan Majene dan sekitarnya, Sulawesi Barat, diguncang gempa besar dengan magnitudo 6,2 pada Jumat (15/1) lalu. Dan hampir 2 pekan berlalu, tampaknya proses evakuasi belum benar-benar bisa berjalan maksimal.

Sebab hingga kini dilaporkan masih ada 7 desa yang terisolasi. Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Gempa Sulawesi Barat mengungkap, satu desa ada di Mamuju yaitu Desa Belakopeang.

Sedangkan 6 lainnya di Majene. Yaitu Desa Sembabo, Kabiraan, Tande Allo, Ulumanda, Popenga, dan Panggalo.

Kendati demikain Satgas tetap bekerja keras untuk mendistribusikan ke desa-desa terisolasi itu, termasuk lewat jalur udara. Selain itu, sejumlah relawan termasuk dari Komunitas Trail Polsek Balusu, Sulawesi Selatan juga dilibatkan dalam membuka jalan ke daerah yang terisolasi akibat tertutup longsor pasca gempa.


"Alhamdulilah 7 desa terisolasi itu telah kami salurkan bantuan melalui jalur udara," kata Perwira Operasional Satgas Bantuan Udara, Mayor PNB Setyo Budi Pulungan, Rabu (27/1). "Berupa perbekalan makanan dan tenda yang dibutuhkan para pengungsi di daerah terisolir."

"Jalan berbatu dan berlumpur telah kami lalu," imbuh Kapolsek Balusu, Ipda Muhammad Arif, menjelaskan aksi komunitas trail-nya, dikutip dari Kompas. "Dengan membawa kebutuhan pokok untuk para korban gempa di daerah terisolir."

Di sisi lain, pemerintah pun mulai melakukan pendataan termasuk taksiran berapa besar kerugian yang timbul akibat bencana. Data sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana per Selasa (26/1), total kerusakan dan kerugian akibat gempa mencapai Rp829,1 miliar.

Beragam sektor menjadi penentu taksiran kerugian ini, seperti sektor pemukiman, sosial, ekonomi, lintas sektor, serta infrastruktur. Kerugian dan kerusakan di Kabupaten Majene diperkirakan mencapai Rp449,8 miliar, sedangkan di Kabupaten Mamuju mencapai Rp379,3 miliar.

Lebih spesifik, data kerusakan di Majene meliputi rumah 4.122 unit, fasilitas ekonomi dan perkantoran 32 unit, fasilitas kesehatan 17 unit dan kantor militer 1 unit. Sementara di Kabupaten Mamuju antara lain rumah 3.741 unit, fasilitas kesehatan 5 unit, jembatan 3 unit, Pelabuhan 1, mini market 1, perkantoran 1 dan hotel 1.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait