Kemenkes Klaim Beberapa Nakes yang Dapat Suntikan Vaksin Sinovac Hanya Alami Efek Samping Ringan
Nasional

Kemenkes melaporkan 539.532 nakes telah mendapatkan suntikan vaksin corona Sinovac untuk dosis pertama per Senin (1/2). Sedangkan nakes yang telah menerima suntikan dosis kedua berjumlah 35.406 orang.

WowKeren - Program vaksinasi virus corona (COVID-19) telah berjalan hampir tiga pekan di Indonesia. Hingga Senin (1/2) kemarin, sudah ada lebih dari 539 ribu tenaga kesehatan (nakes) yang menerima suntikan vaksin corona buatan Sinovac.

"Hingga kemarin, kita sudah melakukan vaksinasi ke 500 ribu. Angka tersebut menunjukkan antusiasme luar biasa dari nakes untuk mendukung vaksinasi," terang juru bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmidzi, Selasa (2/2). "Yang sekaligus menunjukkan optimisme mereka terhadap keamanan dan manfaat vaksin, dalam memberikan perlindungan terhadap diri mereka dari COVID."

Sebagai informasi, nakes kini menjadi prioritas penerima vaksin corona lantaran mereka berada di garda terdepan melawan pandemi sehingga rentan terinfeksi. Nadia lantas mengungkapkan bahwa laporan Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunitas (Komnas KIPI) menyebutkan beberapa nakes yang telah divaksinasi hanya merasakan efek samping ringan.


Salah satunya adalah demam yang akhirnya turun tak sampai dua hari. "Berdasarkan laporan dari Komnas KIPI, hingga saat ini semua reaksi masih bersifat ringan dan tidak ada yang serius," jelas Nadia.

Nadia pun optimis target vaksinasi nakes dapat diselesaikan akhir Februari 2021 dengan melihat jumlah orang yang telah divaksinasi. "Kami optimistis 1,5 juta target tenaga kesehatan dapat tercapai paling lambat akhir Februari," tegas Nadia.

Sebelumnya, Kemenkes melaporkan 539.532 nakes telah mendapatkan suntikan vaksin corona Sinovac untuk dosis pertama per Senin kemarin. Sedangkan nakes yang telah menerima suntikan vaksin corona Sinovac dosis kedua berjumlah 35.406 orang.

Di sisi lain, Kemenkes sebelumnya telah mengingatkan bahwa orang yang telah menerima suntikan vaksin Sinovac tak lantas bisa bebas dari infeksi COVID-19. Pasalnya, pembentukan antibodi usai divaksinasi masih membutuhkan proses. Oleh sebab itu, pihak Kemenkes menegaskan bahwa masyarakat yang telah menerima vaksinasi corona tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru