Kuota Peserta Kartu Pra Kerja di Semester I 2021 Ternyata Cuma Segini, Jangan Ketinggalan!
prakerja.go.id
Nasional
Kartu Pra Kerja

Kartu Pra Kerja kembali dibuka untuk periode 2021, dengan pendaftaran Gelombang 12 dimulai pada Selasa (23/2) kemarin. Namun jangan sampai terlewat karena kuotanya hanya segini.

WowKeren - Pemerintah resmi membuka Gelombang 12 pendaftaran Kartu Pra Kerja pada Selasa (23/2) kemarin. Praktis ini merupakan gelombang seleksi pertama di tahun 2021 usai jutaan masyarakat menerima manfaatnya pada 2020 silam.

Dengan antusiasme yang tinggi atas program ini, lantas sebenarnya berapa banyak kuota yang disediakan? Rupanya Kartu Pra Kerja Gelombang 12 akan menyediakan 600 ribu kuota.

Sedangkan untuk keseluruhan Semester I-2021, target pesertanya adalah mencapai 2,7 juta orang. Jumlah ini akan diakomodir dengan alokasi anggaran hingga sebesar Rp10 triliun.

"Dan ini diharapkan bisa selesai dalam bulan Maret mendatang," tegas Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers virtualnya. Namun yang kemudian menjadi pertanyaan, berapa banyak kuota yang tersedia di Semester II-2021 nanti?


Rupanya menurut Head of Communication Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Pra Kerja, Louisa Tuhatu, belum ada kepastian anggaran untuk keberlanjutan program di Semester II nanti. Sebab anggaran yang sudah definitif dialokasikan adalah sebesar Rp10 triliun yang sudah diatur untuk Semester I-2021.

Meski sebenarnya pagu indikatif dari Kartu Pra Kerja di APBN 2021 adalah mencapai Rp20 triliun sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. "Tetapi kami masih menunggu arahan yang definitif," jelas Louisa, dilansir dari Kompas, Rabu (24/2).

Untuk pemberian insentifnya pun sejatinya serupa dengan skema tahun 2020 silam. Skema yang masih semi bansos akibat pandemi COVID-19 ini menyebabkan peserta Kartu Pra Kerja berhak menerima bantuan pelatihan senilai Rp1 juta, insentif pelatihan Rp600 ribu yang diberikan setiap bulan selama 4 bulan, dan insentif pascasurvei senilai Rp150 ribu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan sampai tertinggal informasi terbaru dari program Kartu Pra Kerja, begitu pula dengan pendaftarannya. Untuk mekanisme pendaftaran selengkapnya bisa kalian simak di sini. Kalian juga bisa simak informasi terlengkap dan terbaru soal Kartu Pra Kerja hanya di WowKeren, jadi stay tuned ya!

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts