Bakal Dilantik Jadi Wali Kota Solo, Pendukung Gibran Diminta Tak Datang
Instagram/gibran_rakabuming
Nasional

Polresta Surakarta, Jawa Tengah, akan menerjunkan sebanyak 375 personel untuk mengamankan pelantikan Wali Kota terpilih solo Gibran Rakabuming Raka yang digelar Jumat (26/2) mendatang.

WowKeren - Wali Kota Solo terpilih sekaligus putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka bakal dilantik bersama wakilnya Teguh Prakosa pada Jumat (26/2) mendatang pukul 08.00 WIB di gedung DPRD Solo Kecamatan Laweyan, Solo. Polresta Surakarta, Jawa Tengah, akan menerjunkan sebanyak 375 personel untuk mengamankan pelantikan tersebut.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan melantik Gibran-Teguh secara virtual dari Semarang. Sedangkan Gibran-Teguh memilih tempat gedung DPRD Kota Solo sebagai lokasi pelantikan.

"Kami menerima pemberitahuan dari Pemkot Solo dan DPRD Solo terkait pelaksanaan pelantikan (Gibran-Teguh)," ujar Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Rabu (24/2). "Sebanyak 375 personel kita terjunkan."

Ade menjelaskan pengamanan pelantikan tersebut akan membagi menjadi beberapa bagian personel. Petugas keamanan ada yang menjadi tim pengurai kerumunan secara mobile dan standby di lokasi acara.


"Kami pastikan tidak ada kerumunan saat acara pelantikan berlangsung," katanya. "Kami mengimbau pada pendukung Gibran-Teguh untuk tidak datang ke lokasi acara pelantikan. Kalau nekat konvoi, kita bubarkan."

Rencananya, dalam acara pelantikan tersebut akan ada 4 agenda. Yaitu, pelantikan wali kota dan wakil wali kota baru yang dilaksanakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan dan rapat paripurna DPRD untuk menyaksikan pidato perdana Gibran sebagai wali kota. Adapun acara pelantikan tersebut hanya menghadirkan 25 tamu undangan termasuk pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih bersama istri masing-masing.

Sementara itu, jelang H-1 pelantikan di DPRD Solo sudah mulai dipenuhi karangan bunga ucapan selamat atas dilantiknya Gibran-Teguh. Karangan bunga tersebut di antaranya datang dari parpol pendukung Gibran-Teguh pada Pilwakot Solo 2020, yaitu dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo. "Total ada delapan karangan bunga ucapan selamat dari PSI yang kami kirimkan di DPRD Solo," ujar Ketua DPC PSI Kecamatan Pasar Kliwon Solo, Satiti Kuntari.

Satiti menjelaskan delapan karangan bunga tersebut di antaranya dari Ketua DPD PSI Solo, anggota DPRD Solo PSI dan masing-masing DPC PSI di lima kecamatan. Pengiriman karangan bunga ini sebagai bentuk rasa syukur PSI yang sejak awal mendukung Gibran maju Pilwakot Solo.

"Kami tidak mengadakan acara syukuran saat pelantikan karena situasi pandemi," tuturnya. "Cukup dengan mengirimkan karangan bunga ini."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts