Banjir Bikin Rugi! Harga Kendaraan Bekas Terendam Air Bisa Anjlok 50 Persen
Twitter/SonoraFM92
Nasional

Harga sepeda motor yang punya riwayat menerjang banjir ternyata bisa benar-benar anjlok ketika dijual kembali, yakni sampai berkurang 50 persen. Ternyata ini penyebabnya.

WowKeren - Banjir tengah terjadi di beberapa wilayah Indonesia yang tentu saja menimbulkan sejumlah masalah tersendiri. Banyak harta benda yang dimiliki mengalami kerusakan akibat terendam air banjir, apalagi jika sampai terjadi dalam waktu yang lama.

Bahkan baru-baru ini terungkap kendaraan bermotor yang ada riwayat terendam banjir kemungkinan besar akan mengalami penurunan harga. Tak main-main, harga jual untuk sepeda motor yang punya riwayat terendam banjir bisa terpangkas sampai setengah.

Hal ini seperti diungkap oleh Kepala Marketing Antara Motor, sebuah diler motor bekas di Jakarta, Dwi Aryanto. Ia menjelaskan diler motor pada dasarnya masih menerima sepeda motor dengan riwayat terendam banjir namun pemiliknya harus rela jika ditawar dengan cukup rendah.

"Jika kita tahu motornya bekas terendam banjir, yang pasti harga jualnya akan jatuh," terang Ary, Rabu (24/2). Ia lantas mencontohkan sebuah sepeda motor keluaran tahun 2019, yang mungkin masih bisa dibeli dengan harga Rp10 juta. "Kalau bekas banjir paling kita berani Rp5 juta saja," imbuhnya, dikutip dari Kumparan, Kamis (25/2).


Perihal rendahnya harga sepeda motor yang punya riwayat menerjang banjir ini demi menutupi biaya perbaikannya. Sebab diler motor jelas tak berani menjual kendaraan dalam kondisi bermasalah.

"Jika tidak parah paling turunnya 20-30 persen," ujar Ary. "Kita kan pasti ada biaya perbaikan dan komponen yang diganti, jika unitnya rusak parah kita enggak akan terima."

Dan pada dasarnya, jika sepeda motor itu sudah diperbaiki, maka harganya akan kembali kompetitif. Bahkan bisa jadi hanya sedikit lebih murah daripada sepeda motor yang bukan bekas banjir.

"Tapi memang ini jadi tantangan kita sih, karena pasti orang mau jual motor enggak akan bilang itu bekas banjir. Mereka pasti tahu harganya jatuh dan yang mau nerima biasanya hanya diler motor bekas," pungkasnya.

Kendati demikian, Ary menegaskan bahwa sepeda motor yang terkena banjir pun tetap bisa berjalan normal. Hanya saja tetap disesuaikan dengan cara perbaikan yang dilakukan pihak diler atau penjualnya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait