Media Asing Soroti Pernyataan Jokowi Gaungkan Benci Produk Luar Negeri
presidenri.go.id
Nasional

Pernyataan Presiden Jokowi yang meminta Indonesia untuk menggaungkan 'benci produk luar negeri' rupanya menuai perhatian sejumlah media asing dan menjadikannya pemberitaan.

WowKeren - Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai produk-produk dalam negeri. Bahkan Jokowi meminta Indonesia untuk menggaungkan "benci produk luar negeri".

“Produk dalam negeri gaungkan, gaungkan juga benci produk-produk luar negeri, bukan hanya cinta tapi benci. Cinta barang kita, benci produk luar negeri. Sehingga betul-betul masyarakat kita menjadi konsumen yang loyal untuk produk-produk Indonesia,” kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan di Istana Kepresidenan, Kamis (4/3).

Namun, pernyataan tersebut rupanya menuai perhatian sejumlah media asing dan menjadikannya pemberitaan. Seperti media yang berbasis di Singapura Channel News Asia (CNA) menurunkan pemberitaan dengan judul 'Indonesians should 'love local goods, hate foreign products': President Jokowi'.


Dalam pemberitaan yang sama, CNA juga mengutip pernyataan Jokowi soal tahun 2021 sebagai tahun pemulihan ekonomi. Karenanya target pertumbuhan ekonomi 2021 dipatok Jokowi harus bisa dicapai sebesar 5 persen. CNA juga melansir data pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 lalu yang minus 2,07 persen. "Ini merupakan kontraksi (pertumbuhan negatif) tahunan pertama sejak krisis keuangan Asia pada tahun 1998," tulis CNA.

Sedangkan media Jepang The Mainichi, menurunkan berita berjudul 'Indonesian president calls for hate campaign against foreign products'. Media yang di laman online-nya menyebut sudah terbit sejak 1922 itu, juga menyitir pernyataan Jokowi agar pusat-pusat perbelanjaan menggeser penempatan produk luar negeri ke lokasi yang tidak strategis. Sementara lokasi strategis agar diberikan ke produk lokal.

The Mainichi juga mengutip tanggapan sejumlah netizen di media sosial, yang mengungkapkan ketidaksetujuan atas pernyataan Jokowi bahwa untuk mencintai produk lokal, seseorang harus membenci produk asing.

"Seorang netizen menulis di twitter menanggapi Presiden Jokowi, 'Anda bermaksud mengajak orang-orang untuk lebih mencintai produk lokal. Namun, tentunya itu tidak berarti bahwa mereka harus membenci produk asing. Jika Anda membenci produk asing, itu berarti Anda seharusnya tidak mengizinkan barang impor. Apakah Anda siap?', " demikian tulis The Mainichi.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts