Mutasi Corona Inggris Masuk RI, Ganjar Ambil Langkah Pencegahan Ini
humas.jatengprov.go.id
Nasional

Alih-alih menutup pintu penerbangan dari luar negeri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lebih mengedepankan pengetatan protokol kesehatan dan contact tracing untuk langkah antisipasi mutasi corona Inggris.

WowKeren - Mutasi virus corona Inggris B117 telah ditemukan di Indonesia. Meski demikian, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih membuka pintu untuk penerbangan dari luar negeri.

Ganjar lebih mengedepankan pengetatan protokol kesehatan dan contact tracing untuk mencegah penyebaran varian corona dari Inggris tersebut. "Belum. Minimal yang dari luar negeri kita lakukan tindakan yang cukup ketat untuk bisa masuk ke Indonesia," kata Ganjar saat meninjau vaksinasi pedagang Pasar Klewer, Solo, Kamis (4/3).

Corona B117 diketahui masuk ke tanah air dari dua pekerja migran dari Arab Saudi. Ganjar mengatakan antisipasi penyebaran Corona B117 dilakukan dengan melakukan contact tracing secara ketat.


"Kita akan menjaga lebih ketat lagi pintu-pintu masuk ke Indonesia karena itu kan dari luar ya," tuturnya. "Mudah-mudahan tidak tersebar, maka tracing perlu dilakukan."

Tak hanya itu, protokol ketat akan diterapkan bagi warga yang datang dari mancanegara. Mereka diwajibkan menjalani uji swab setelah memasuki tanah air. "Dan kita pastikan mereka dikarantina lebih dulu sebelum mereka kembali bertemu keluarga," imbuhnya.

Ganjar juga meminta Pemerintah Pusat dan Daerah bersinergi untuk meneliti varian baru Corona tersebut. Penelitian diperlukan untuk mencari strategi yang tepat menangani varian baru corona tersebut. "Insyaallah kita bisa lah nanti tim ahlinya meneliti melihat agar kita bisa segera mengantisipasi," pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Karawang melalukan tracing pada orang-orang yang pernah berkontak dengan 2 TKI yang terpapar mutasi B117. Dinas Kesehatan Karawang melakukan pelacakan kontak terhadap 7 orang anggota keluarga salah satu TKI berinisial M.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts