Jelang Ramadan, Jusuf Kalla Sarankan Salat Tarawih Dibagi Menjadi 2 Gelombang
Instagram/jusufkalla
Nasional
Ramadhan 2021

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla mengusulkan agar ibadah salat tarawih digelar dalam dua gelombang demi mencegah penularan virus Corona. Simak pernyataan lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Menjelang Ramadan, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyarankan agar ibadah salat tarawih digelar ke dalam dua sesi. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan virus Corona selama bulan puasa.

"Kita akan memasuki bulan suci Ramadan dalam waktu dekat ini. Tahun ini masjid sudah bisa dipakai untuk Tarawih selama memberlakukan protokol kesehatan yang baik," kata pria yang akrab disapa JK itu pada Selasa (23/3).

Dia melanjutkan, "Maknanya apa? Tentu mempunyai makna sebagian umat tidak bisa tertampung karena harus mengikuti aturan jaga jarak. Untuk itu, apabila memang diperlukan demi mengakomodir jemaah yang mau salat tarawih, maka bisa dilaksanakan dua kali atau 2 shift."


Menurut JK, pembagian salat tarawih ke dalam dua gelombang akan jauh lebih aman dan nyaman. Penerapannya pun sesuai dengan aturan tentang daya tampung maksimal yang diizinkan, yakni 40 persen.

Atas dasar itu, JK mengimbau seluruh pengurus masjid untuk menggelar salat tarawih ke dalam dua gelombang dengan memberlakukan aturan jaga jarak yang ketat. Dengan begitu, animo masyarakat untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadan akan terpenuhi.

"Karena dengan memakai ketentuan jaga jarak 1 meter, maka daya tampung masjid hanya 40 persen dari kapasitas sebenarnya. Untuk itu kita harus memberi kesempatan jemaah yang lain untuk melaksanakan ibadah salat tarawih dengan membaginya menjadi 2 shift," pungkas mantan Wakil Presiden RI tersebut.

Sementara itu, Pemerintah akan menetapkan 1 Ramadan dalam sidang Isbat pada hari yang ditetapkan sebagai ijtimak. Di samping itu, Kementerian Agama dan MUI belum mengeluarkan pedoman resmi terkait pelaksanaan ibadah selama di tengah pandemi. Tetap pantau perkembangan beritanya di WowKeren ya.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts