Pemerintah Bagi-Bagi Bansos Imbas Larangan Mudik 2021, Tapi Cuma untuk Daerah Ini?
kemensos.go.id
Nasional

Pemerintah bakal membagikan bansos sebagai kompensasi larangan mudik pada Lebaran bulan Mei mendatang. Larangan mudik ini berlaku tanggal 6-17 Mei 2021.

WowKeren - Pemerintah resmi melarang tradisi pulang kampung alias mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2021 mendatang. Dan sebagai gantinya, pemerintah rupanya sudah menyiapkan bantuan sosial khusus.

"Cuti bersama Idul Fitri ada, tetapi tidak boleh mudik," ujar Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. "Pemberian bansos akan diberikan."

Skema bansos khusus yang disebutkan Muhadjir ini merujuk pada kompensasi pelarangan mudik. Namun ada persyaratan khusus rupanya untuk kebijakan ini, yakni hanya dibagikan khusus di Jabodetabek.

"Pemberian khusus untuk Jabodetabek, seperti tahun lalu," terang Muhadjir, dilansir dari JPNN, Jumat (26/3). "(Detail) akan ditentukan kemudian."

Hal senada juga kembali ditegaskan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini. Bansos, menurut Risma, akan disalurkan menjelang Hari Raya Idul Fitri dan akan tetap didistribusikan sesuai jadwal bulan tersebut.


"Untuk Mei bersamaan dengan lebaran. Kami akan serahkan di awal bulan," kata Risma. "Khusus DKI Jakarta dan sekitarnya mungkin minggu pertama atau awal minggu kedua."

Perihal pembatalan izin mudik lebaran ini, menurut Muhadjir, disesuaikan dengan risiko dampak yang mengiringi. Pasalnya penularan COVID-19 disinyalir bisa semakin tinggi pasca libur panjang. Karena itulah selama periode tanggal 6-17 Mei 2021 mudik resmi dilarang.

Soal larangan mudik ini, ditegaskan Muhadjir sudah sesuai arahan Presiden Joko Widodo. "Sudah ditetapkan bahwa 2021 mudik ditiadakan," pungkas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Sebelumnya simpang siur soal izin mudik lebaran memang sempat meramaikan pemberitaan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya sempat menurunkan izin untuk mudik, namun kemudian Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai keputusan final masih digodok dan akan ditentukan di rapat terbatas.

"Soal mudik Lebaran belum kita putuskan, nanti saya kira tidak lama lagi menjelang puasa itu nanti ada keputusan. Karena memang mudik menjadi tradisi masyarakat kita," tutur Ma'ruf pasca meninjau vaksinasi di Lampung, Senin (22/3). "Tetapi ada bahaya yang kita hadapi kalau itu kita buka. Setelah nanti dilakukan rapat kabinet."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait