Ternyata Keluarga Penerima Bansos Tak Bisa Terima Kartu Pra Kerja?
prakerja.go.id
Nasional
Kartu Pra Kerja

Selain perkara penerimaan bansos, ada pula masalah NIK yang menyebabkan seseorang bisa gagal seleksi Kartu Pra Kerja. Berikut penjelasan PMO Kartu Pra Kerja selengkapnya.

WowKeren - Kartu Pra Kerja memasuki seleksi gelombang terakhir yang pendaftarannya dibuka sampai Minggu (28/3) besok. Namun nyatanya hingga jelang penutupan pendaftaran gelombang terakhir, masih banyak yang belum menerima manfaatnya karena berbagai alasan.

Namun tahukah Anda ada 2 alasan tak terduga yang menyebabkan seseorang gagal lolos seleksi Kartu Pra Kerja? Hal itulah yang diulas Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja di unggahan Instagram-nya baru-baru ini.

Yang pertama adalah perihal peserta terdaftar sebagai penerima bantuan sosial. Namun ternyata bukan cuma peserta yang terdaftar sebagai penerima bansos, jika keluarganya juga menerima bansos maka peserta tersebut kemungkinan besar bakal tidak lolos seleksi Kartu Pra Kerja.

"Sobat Prakerja, pendaftaranmu gagal karena sudah terdaftar sebagai penerima bansos, tapi merasa tidak pernah menjadi penerima? Apakah ada anggota keluarga kamu yang menerima bansos seperti PKH, BPNT, BST, atau KIS?" tulis Manajemen Kartu Pra Kerja sebagai caption Instagram-nya, Jumat (26/3). "Bila ya, maka Sobat tidak dapat menjadi peserta program Kartu Prakerja selama masa pandemi ini."

Sedangkan alasan tak terduga kedua adalah perkara NIK. Lewat postingan di Instagram, Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja mengimbau peserta memeriksa apakah NIK-nya masih terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai peserta didik.


Karena itulah manajemen mendorong peserta Kartu Pra Kerja untuk segera memperbaharui status. "Sobat Prakerja, jika Sobat sudah tidak sekolah atau kuliah tapi NIK-mu masih tercatat aktif di Kemdikbud, hubungi sekolah atau perguruan tinggi kamu untuk memperbaharui statusmu," tulis Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja.

"Manajemen Pelaksana bekerja sesuai aturan," imbuhnya. "Dan hanya sebagai pengguna data dari Kementerian dan Lembaga."

Lantas bagaimana bila tidak berstatus sebagai penerima bansos, termasuk untuk pihak keluarganya, namun tetap gagal seleksi Kartu Pra Kerja? Jangan khawatir! Peserta bisa mencoba menghubungi kontak berikut ini.

"Jika tidak, sampaikan keluhanmu di www.lapor.go.id," jelas Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja. "Atau di nomor hotline WhatsApp Kemensos di 0811-10-222-10 agar diubah statusmu."

Jadi, jangan lupa cermati apa penyebab gagal seleksi Kartu Pra Kerja. Kalau terkait 2 hal di atas, segera benahi, siapa tahu beruntung di gelombang terakhir seleksi Kartu Pra Kerja.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts