Khofifah Minta Warga Jatim Patuhi Larangan Mudik: Untuk Menghentikan Penyebaran COVID-19
Instagram/khofifah.ip
Nasional

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta warganya untuk mematuhi larangan mudik sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat. Simak penuturan lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau warganya untuk tidak mudik Lebaran tahun ini. Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat soal pelarangan mudik demi meminimalisir penularan COVID-19.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, momen libur panjang seperti Lebaran berdampak pada peningkatan kasus positif COVID-19. Karena itulah Khofifah menyetujui larangan tersebut dan meminta warga Jatim untuk mematuhinya.

"Pelarangan mudik sudah diumumkan Menko PMK, kami setuju. Tolong dijaga sedikit lagi, sedikit lagi," kata Khofifah di Malang, Selasa (30/3).

Dengan tidak mudik, masyarakat turut serta dalam upaya pengendalian COVID-19 yang dipimpin oleh pemerintah pusat. "Ikhtiarkan bersama untuk tidak mudik di Idul Fitri 1442 Hijriah ini akan seiring dengan upaya menghentikan penyebaran COVID-19," jelasnya.

Lebih lanjut, Khofifah menjelaskan bahwa kasus aktif COVID-19 di Jawa Timur kian menurun. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya zona merah di wilayah tersebut.


"Suasananya sudah sangat melandai. Saat ini suasanya sudah sangat kondusif untuk bisa menghentikan penyebaran," papar Khofifah.

Karena itulah Khofifah berharap masyarakat menahan diri untuk tidak mudik agar tren penurunan di Jatim tetap terjaga. Apalagi, saat ini pemerintah tengah menggencarkan proses vaksinasi COVID-19 untuk mencapai herd immunity (kekebalan komunal).

"Vaksinasi juga jalan, pelandaian terus diikhtiarkan oleh kita semua. Kedisiplinan protokol kesehatan kita ikhtiarkan bersama," pungkas Mantan Menteri Sosial tersebut.

Sementara itu, Korps Lalu Lintas Polri tak segan untuk memberikan sanksi tegas bagi masyarakat yang melanggar larangan mudik. Menurut Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan, sanksi tersebut sama dengan tahun lalu yakni meminta masyarakat yang kedapatan mudik untuk memutar balik kendaraannya.

Karena itulah Korlantas Polri akan melakukan penyekatan di sejumlah pintu masuk dan keluar yang kerap digunakan sebagai jalur mudik. Selain itu, Polri juga akan bekerja sama dengan pemangku jabatan untuk membuat kebijakan demi mengantisipasi arus mudik Lebaran 2021.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru