Banjir Bandang Terjang NTT - NTB, Jokowi Instruksikan Jajarannya Bergerak Cepat
Twitter/BNPB_Indonesia
Nasional

Setelah banjir bandang melanda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB), Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk bergerak cepat menangani bencana.

WowKeren - Presiden Joko Widodo menyampaikan belasungkawa untuk korban banjir bandang yang menerjang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia juga menginstruksikan jajarannya untuk bergerak cepat dalam menangani bencana tersebut.

"Atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban meninggal dunia dalam musibah tersebut, dan saya juga memahami kesedihan yang dialami saudara-saudara kita akibat dampak yang ditimbulkan dari bencana ini," kata Jokowi dalam video YouTube Sekretariat Presiden, Senin (5/4).

Saat ini Jokowi telah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Panglima TNI, hingga Kapolri untuk mengevakuasi korban sekaligus mengatasi bencana tersebut. Ia berharap penanganan dapat dilakukan dengan cepat agar warga bisa segera beraktivitas seperti sedia kala.

"Saya minta agar penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan cepat dan baik seperti bantuan pelayanan kesehatan, ketersediaan logistik, dan kebutuhan dasar bagi para pengungsi serta juga perbaikan infrastruktur," imbuhnya.


Lebih lanjut, Jokowi meminta masyarakat untuk mewaspadai peningkatan curah hujan yang menyebabkan banjir hingga tanah longsor di sejumlah daerah. "Perhatikan selalu peringatan dini dari BMKG dan aparat di daerah," pungkasnya.

Sementara itu, banjir bandang akibat hujan lebat disertai angin kencang terjadi pada Minggu (4/4) di Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Malaka Tengah dan Ngada serta Kota Kupang, NTT. Banjir ini menyebabkan ratusan rumah terendam dan puluhan warga meninggal dunia.

Hingga Senin (5/4) hari ini, berbagai wilayah tersebut nyaris lumpuh karena ada banyak pohon tumbang dan sejumlah ruas jalan mengalami kerusakan. Jumlah korban juga masih akan berubah sebab pihak terkait terus melakukan evakuasi.

Di sisi lain, banjir bandang NTB yang melanda Kabupaten Bima dan Dompu disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sejak Jumat (2/4) dini hari. Akibat musibah ini, ribuan kepala keluarga (KK) terdampak dan sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru