Rafael Tan Pernah Marah Hingga Tinggalkan Tuhan Karena Orangtua, Ungkap Perasaannya Kini
Instagram/rafaell_16
Selebriti

Rafael Tan membeberkan alasannya yang mengaku sempat marah hingga tak menganggap Tuhan ada. Ia juga mengaku kerap mengeluh karena dilahirkan di keluarga dengan latar belakang yang menurutnya berantakan.

WowKeren - Rafael Tan mengaku sempat menyalahkan Tuhan atas semua permasalahan yang terjadi dalam keluarganya. Rafael harus menerima kenyataan pahit ketika orangtuanya bercerai saat ia masih menginjak kelas 1 SMP. Melihat kondisi keluarganya yang berantakan pada saat itu, Rafael begitu marah pada Tuhan.

"Pada saat nyokap sama bokap divorce, ya, gue marah banget sama Tuhan dan gue meninggalkan Tuhan saat itu," ungkap Rafael di kanal YouTube Daniel Mananta, Selasa (13/4). "Gue marah karena kenapa akhirnya Tuhan menempatkan gue di keluarga yang hancur. Karena di pikiran gue saat itu, gue anak-anak yang beranjak ke remaja, butuh perhatian yang lebih dari orangtua."

Rafael begitu kecewa karena kedua orangtuanya bertengkar hebat sebelum memutuskan untuk bercerai. "Dan nggak lama sebelum mereka divorce, gue menyaksikan mereka berantem dan suasana di rumah nggak enak," sambungnya. "Gue melihatnya kayak, kok, gini ya, keluarga gue."

Kemarahan Rafael pada Tuhan tetap berlanjut ketika ia telah bergabung dengan SM*SH. Kala itu, Rafael merasa jika keberhasilannya bukan karena campur tangan Tuhan, namun berkat usaha dan kerja kerasnya sendiri.

"Pada saat itu gue merasa, 'gue hebat nih'. Karena gue hebat, gue masuk SM*SH, main sinetron, tapi gue nggak kayak 'oh, ini Tuhan yang kasih buat gue'," papar Rafael. "Tapi sekarang baru kepikirannya gitu."


"Kalau dulu ya nggak karena gue pikir itu dengan kekuatan gue sendiri, usaha gue sendiri, ikut audisi dan lain sebagainya. Gue latihan dengan keras dan lain sebagainya gitu," lanjutnya.

Rafael kemudian mengungkap hubungannya dengan Tuhan pada saat itu. "Pada saat itu juga hubungan gue sama Tuhan hanya sekedar ke gereja sebagai formalitas, posting biar semua orang tahu gue ke gereja," ujarnya. "Padahal kalau misal ditanya, 'tadi firmannya apa' gue nggak tahu."

Lebih lanjut, Rafael pun mengungkap hubungannya kini dengan Tuhan. Setelah melalui perjalanan panjang, ia justru sadar jika Tuhan sangat berperan dalam kesuksesan yang diraihnya di dunia entertain. Kekecewaannya pada Tuhan dan orangtua pun sirna, dan diganti dengan rasa syukur yang tak terkira.

"Pada saat itu jadi gue berfikir gini, 'Ternyata nggak ngaruh ya gue dilahirin di latar belakang keluarga seperti apa. Ternyata gue bisa capai apa yang gue mau'," terang Rafael.

"Sekarang kalau gue pikir-pikir, kalau kita jalan sama Tuhan, minta pimpinan sama Tuhan, kita mau dilahirin di keluarga apapun dengan latar belakang apapun ternyata bisa kalau Tuhan udah bukain pintu. Nggak ada yang bisa nutup," pungkas Rafael. "Ya buktinya gue bisa mencapai impian gue. Menurut gue, ya Tuhan nggak kasih setengah-setengah gitu lho."

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait