Mantap! Anies Baswedan Dipuji Usai Sukses Pengaruhi Sekjen PBB Hanya Dalam 2 Menit
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Mantan Wali Kota Toronto, David Miller, memuji Anies Baswedan yang sukses memengaruhi Sekjen PBB António Guterres agar menyepakati sepenuhnya usulan Jakarta soal pengendalian emisi karbon.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah menjadi sorotan atas performa cemerlangnya ketika mengikuti dialog virtual para wali kota dunia dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa António Guterres. Pasalnya Anies hanya memerlukan waktu 2 menit untuk kemudian usulannya disepakati penuh oleh Guterres.

Diskusi virtual ini terjadi pada Jumat (16/4) kemarin, yang potongan videonya kemudian diunggah Anies di Instagram-nya. Pada kesempatan itu, Anies pun diberi waktu 2 menit untuk menyampaikan peran pemerintah daerah untuk mengatasi perubahan iklim dan mengurangi emisi karbon di lingkup perkotaan.

Anies pun juga menyampaikan usulan agar PBB terlibat dalam membantu kota-kota di dunia dalam mengendalikan masalah lingkungan ini. Total ada 3 usulan yang disampaikan Anies dalam dialog virtual tersebut.

"Pertama, PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota," kata Anies, sebagaimana tertulis pula di caption Instagram-nya, Minggu (18/4). "Dan itu perlu dihitung sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) dari aksi iklim."

"Kedua, PBB juga perlu secara organisasional mendorong terjadinya integrasi vertikal dan horizontal pada tingkat aksi serta kebijakan," imbuh Anies. "Ketiga, dalam rangka menuju COP 26, PBB perlu mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif, untuk dieksekusi pada level lokal."


Tentu saja semua usulan ini disampaikan Anies secara langsung dalam bahasa Inggris. Yang tak disangka, segera setelah ia menyelesaikan sesi panelnya, Sekjen Guterres langsung menginterupsi dan menyatakan persetujuan sepenuhnya atas usulan Anies.

"Saya hanya ingin menyampaikan bahwa kami sepenuhnya mendukung usulan Anda," kata Guterres. "Dan siap untuk melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB pada berbagai negara untuk sepenuhnya melalui advokasi global dengan para pemerintah untuk melakukan persis seperti yang Anda usulkan kepada kami."

Guterres menilai opsi yang disampaikan Anies sangat mungkin dikerjakan dan diimplementasikan dalam program-program, baik di tingkat pusat maupun lokal. Dukungan dari Guterres ini sontak memicu pujian dari David Miller selaku Director of International Diplomacy for C40 Cities yang merupakan moderator dalam sesi diskusi tersebut.

"Gubernur Baswedan, Anda telah berhasil mempengaruhi PBB hanya dalam waktu dua menit. Bayangkan apabila Anda mendapatkan waktu empat menit," puji Miller yang berbuah ucapan terimakasih dari sang mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts