Alasan Gubernur NTB Tak Larang Mudik Lebaran Tahun Ini
Instagram/ap_airports
Nasional
Mudik di Tengah Corona

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengaku tidak akan melarang masyarakatnya untuk mudik Lebaran tahun ini. Hal ini berbeda dengan pemerintah pusat yang melarang mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021 mendatang.

WowKeren - Pemerintah pusat telah melarang mudik Lebaran tahun ini pada periode 6-17 Mei 2021. Larangan mudik ini dilakukan untuk menghindari lonjakan kasus virus corona (COVID-19) yang sebelumnya kerap terjadi pasca libur panjang.

Namun demikian, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah, mengaku tidak akan melarang masyarakatnya untuk mudik Lebaran. Alasannya, masyarakat mudik karena merasa rindu dengan kampung halaman mereka sehingga masalah bisa muncul apabila aktivitas tersebut diatur- atur.

"Mereka pulang itu karena rindu sekali," tutur Zulkieflimansyah di Mataram, Minggu (18/4). "Kalau kita atur- atur nanti banyak masalah yang akan terjadi, biarkan ngalir begitu aja."

Lebih lanjut, Zulkieflimansyah menyebut pihaknya tak bisa melarang atau membatasi masyarakat uang ingin mudik ke Pulau Sumbawa atau Pulau Lombok. Pasalnya, tradisi tersebut merupakan hal biasa yang dilakukan tiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri.


"Ndak dilarang," tegas politisi PKS tersebut. "Yang penting jalankan puasa di bulan Ramadan."

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan publik soal empat kali lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Indonesia. Keempatnya terjadi ketika memasuki masa liburan, salah satunya saat periode mudik Lebaran 2020.

Lonjakan tersebut terjadi pada saat libur Lebaran tahun 2020, kemudian pasca libur panjang periode 20-23 Agustus 2020. Selain itu, lonjakan kasus juga terjadi pasca libur panjang periode 28 Oktober sampai 1 November 2020, dan yang terakhir saat Natal dan Tahun Baru pada 24 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021.

Sementara itu, Indonesia telah mengalami tren penurunan kasus aktif dalam 2 bulan ini. Oleh sebab itu, Jokowi ingin menjaga tren baik tersebut dengan memutuskan untuk melarang mudik Lebaran tahun ini.

"Oleh karena itu kita harus betul betul menjaga bersama momentum yang sangat baik," kata Jokowi, Jumat (16/4). "Untuk itu lah pada lebaran kali ini pemerintah memutuskan melarang mudik pada ASN, TNI. Polri. pegawai BUMN, karyawan swasta dan seluruh masyarakat."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts