Meninggal Karena COVID-19, Kondisi Tengku Zulkarnain Sempat Drop Hingga Dipasangi Ventilator
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Jenazah Tengku Zulkarnain akan disalatkan di Masjid Agung Annur dengan protokol kesehatan sebelum dikebumikan. Jenazah Tengku Zulkarnain disebut tetap akan berada di dalam mobil ambulans.

WowKeren - Mantan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain dikabarkan meninggal dunia pada Senin (10/5) sore ini dalam kondisi positif terpapar virus corona (COVID-19). Diketahui, Tengku Zulkarnain telah dirawat di Rumah Sakit Tabrani, Pekanbaru, sejak 2 Mei 2021 lalu.

Sebelum meninggal dunia, Tengku Zulkarnain rupanya telah memakai ventilator untuk bantuan pernapasan. "Dia sudah pakai ventilator, napas buatan. Rencana habis Magrib ini mau dirujuk ke RSUD Arifin Achmad, di sana sudah siap," jelas Direktur Corporate Communication RS Tabrani, Ian Machyar, Senin.

Lebih lanjut, Ian mengungkapkan bahwa kondisi Tengku Zulkarnain telah menurun sejak sore tadi. Meski sudah dipasangi ventilator, sayangnya nyawa Tengku Zulkarnain tak dapat diselamatkan.

"Turun drastis kesehatannya sore tadi," jelas Ian. "Ini masih di RS, tadi sore kami sempat pasang ventilator, tapi kami tak bisa selamatkan."


Menurut Ian, jenazah Tengku Zulkarnain akan disalatkan di Masjid Agung Annur sebelum dikebumikan. Namun Ian memastikan penerapan protokol kesehatan dengan jenazah sang pendakwah yang tetap berada di dalam mobil ambulans.

"Jadi, sebelum ke pemakaman, mau disalatkan ke Masjid Agung Annur. Beliau tokoh nasional," kata Ian. "Jadi kita salatkan bersama, dengan protokol kesehatan, di dalam ambulans."

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Muhyiddin Junaidi, juga telah mengonfirmasi kabar duka tersebut. Menurut Muhyiddin, Tengku Zulkarnain memiliki penyakit penyerta alias komorbid.

"Iya benar meninggal dunia. Tadi sekitar abis Maghrib. Saya dapat kabar dari keluarganya langsung. Dari UAS (Ustaz Abdul Somad) juga tadi konfirmasi," ungkap Muhyiddin kepada CNN Indonesia. "Iya karena COVID. Beliau punya komorbid juga. Kita kehilangan."

Diketahui, Tengku Zulkarnain dinyatakan positif COVID-19 kala menjalani tes swab saat hendak pulang ke Medan. Sang pendakwah dikabarkan berada dalam kondisi stabil saat pertama kali masuk ke rumah sakit pada 2 Mei lalu.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts