Pasar Tanah Abang Tutup 12 - 18 Mei, Anies Baswedan Ungkap Alasannya
Nasional

Heri Supriyatna selaku pengelola Blok A Tanah Abang mengungkapkan bahwa penutupan sementara ini telah diinfokan kepada para pedagang 7-10 hari sebelum Lebaran.

WowKeren - Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat akan ditutup sementara mulai Rabu (12/5) besok hingga 18 Mei mendatang. Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Pasar Tanah Abang ditutup sementara dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri.

"Besok Rabu terakhir, memang siklusnya saja," ungkap Anies dalam kunjungan ke Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, dikutip dari Antara pada Selasa (11/5). "Hari terakhir bulan Ramadan, tutup pasarnya, karena pedagang juga ikut libur Lebaran."

Dalam kunjungannya ke Pasar Mayestik, Anies memborong sejumlah bahan pangan. Menurutnya, pasokan bahan pangan di Ibu Kota telah tercukupi dengan harga yang cenderung stabil.

"Tadi saya beli telur asin, tempe. Saya lihat ada tempe masih 'fresh' hangat, kemudian saya juga beli ayam bumbu, ada bumbu manis, terus juga kue kembang goyang," papar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut. "Ini jadi salah satu bahan untuk saya bawa pulang untuk persiapan Lebaran besok di rumah."


Sementara itu, Heri Supriyatna selaku pengelola Blok A Tanah Abang menyatakan bahwa penutupan akan dilakukan di semua blok. "(Tutup) semua blok. Kawasan Tanah Abang biasanya tutup. Kalau ada pedagang, paling pedagang kaki lima," kata Heri.

Menurut Heri, penutupan tersebut tidak berkaitan dengan kerumunan Pasar Tanah Abang beberapa waktu lalu. Heri menegaskan bahwa penutupan sementara memang telah rutin dilakukan di Pasar Tanah Abang selama beberapa tahun terakhir.

"Emang kita rutin setiap tahun tutup-tutup gedung, tahun lalu kan udah tutup gedung sebulan puasa sampai Lebaran selama 2,5-3 bulan tahun lalu," ungkapnya. "Tapi dalam kondisi normal kita setiap Idul Fitri itu tutup gedung."

Nantinya, pembersihan dan perawatan gedung akan dilakukan di masa penutupan tersebut. Adapun perawatan rutin Pasar Tanah Abang tersebut meliputi pembersihan area pasar, hingga perawatan suku cadang pada gedung dan bagian lain yang sudah harus menerima perawatan.

"Kita sudah infokan ini 7-10 hari sebelum Lebaran kita sudah infokan ke pedagang, dan mereka sudah tahu kalau kita tutup 7-10 hari," pungkasnya. "Dan setelah lebaran pun memang tidak ada pengunjung."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru