Dirayakan Bersama, Tagar Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih Trending Berdampingan Wujud Toleransi
Pixabay/Willi Heidelbach
Nasional
Idul Fitri 2021

Perayaan Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih jatuh di hari yang sama, yakni Kamis (13/5). Antusiasme dan toleransi pun begitu terasa, meski sebatas melalui lini masa karena masih pandemi COVID-19.

WowKeren - Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hjiriah bagi seluruh umat Muslim! Dan Selamat Hari Kenaikan Isa Almasih juga untuk seluruh umat Kristiani!

Hari ini memang terasa spesial dengan perayaan hari besar lebih dari satu agama yang jatuh bersamaan. Dan tentu saja suasana berbeda dirasakan di tengah negara multiagama seperti Indonesia.

Meski Lebaran dan Kenaikan Isa Almasih tahun ini juga berbeda lantaran diselenggarakan secara virtual akibat pandemi COVID-19, kemeriahan itu masih tampak di lini masa media sosial. Bahkan tagar terkait hari besar keagamaan ini secara berdampingan menjadi trending topic di Indonesia.

Melansir daftar trending topic Indonesia di Twitter pada Kamis (13/5), "#EidMubarak" dan "Isa Almasih" berada berurutan di posisi satu dan tiga. Selain itu, beberapa kata kunci lain mencakup "Mohon", "Minal", dan "Yesus Kristus" ikut memuncaki daftar 5 besar trending topic Tanah Air.

Dirayakan Bersama, Tagar Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih Trending Berdampingan Wujud Toleransi-1

Twitter


Ketika dibuka pada tagar masing-masing, tampak warganet menyambut antusias perayaan hari spesial ini secara bersamaan. Bahkan wujud toleransi begitu tampak dalam merayakan Kenaikan Isa Almasih dan Idul Fitri yang jatuh di hari yang sama.

"Halo para mutuals paul dan umat muslim lain nya 'Minal aidzin wal faidizin' mohon maaf lahir dan batin. Selamat menyambut Hari Kenaikan Isa Almasih juga bagi mutuals aku yang merayakannya. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Selamat Lebaran semuanya! #EidMubarak," cuit @je***oo.

Dirayakan Bersama, Tagar Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih Trending Berdampingan Wujud Toleransi-2

Instagram/sheilasplayground-Twitter/hariprast

Di sisi lain, perayaan hari besar agama Islam dan Nasrani yang dirayakan bersamaan juga telah diantisipasi pemerintah. Khususnya dari segi mengantisipasi lonjakan para perantau yang ingin kembali ke kampung halaman demi merayakan hari besar keagamaan bersama keluarga.

Diketahui pemerintah menerapkan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. Tak hanya itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pun sudah menyiapkan pedoman khusus ibadah Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih agar tetap berjalan lancar di tengah pandemi COVID-19.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts