Gempa Bumi Beruntun Hari Ini: Di Nias Dimutakhirkan Jadi 6,7 M, Di Sulut 5,1 M
Flickr/raybouk
Nasional
Bencana Gempa 2021

Gempa bumi berturut-turut mengguncang Indonesia pada Jumat (14/5) hari ini. Gempa bumi dengan skala 7,2 M, yang kini dimutakhirkan menjadi 6,7 M, dilaporkan mengguncang Nias Barat.

WowKeren - Indonesia diguncang gempa bumi beruntun dengan skala yang cukup besar Jumat (14/5) hari ini. Yang cukup mengejutkan, dua gempa bumi dengan skala 7,2 M dan 5,2 M mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara yang dalam rentang waktu 40 menitan.

Namun kini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memutakhirkan skala gempa bumi pertama yang dilaporkan terjadi di Nias Barat. Bila semula mencapai magnitudo 7,2, kini diperbarui menjadi 6,7 M. Fakta ini disampaikan bersamaan dengan laporan soal gempa bumi susulan alias after shock bermagnitudo 5,2 M.

"Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa bumi susulan (after shock) dengan parameter magnitudo (M) 5.2 dari gempa sebelumnya M 7.2," tulis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di laman resminya. "Yang kemudian dimutakhirkan menjadi M 6.7 di lepas pantai sebelah barat Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (14/5)."

Disebutkan BMKG, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal yang berada di zona outer-rise. "Adapun hal itu sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukan bahwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme sesar turun (normal fault)," imbuh BNPB dalam rilis resminya, sekaligus menjelaskan perihal adanya aktivitas gempa bumi susulan sebanyak 3 kali.


Atas peristiwa yang terjadi, warga sampai berhamburan keluar rumah dengan panik bahkan sempat mengungsi. "Sebagian masyarakat Desa Simalegi sempat mengungsi ke tempat lebih aman," tutur Murdani, anggota Satuan Tugas Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang turut merasakan dampak dari fenomena alam tersebut.

Namun dilaporkan kini warga yang mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing. Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerusakan bangunan akibat gempa bumi yang mengguncang selama beberapa detik tersebut.

Di sisi lain, gempa bumi lain juga terjadi di wilayah Sulawesi Utara. Gempa bumi ini mengguncang dengan magnitudo 5,1 dan berlokasi sejauh 131 kilometer timur laut Melonguane.

Gempa Bumi Beruntun Hari Ini: Di Nias Dimutakhirkan Jadi 6,7 M, Di Sulut 5,1 M

Twitter/infoBMKG

Kedalaman gempa yang terjadi pukul 15.17 WIB ini 23 kilometer. Dijelaskan pula oleh BMKG bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts