KM Bandar Nelayan Alami Kecelakaan di Samudera Hindia, Otoritas Australia Bantu Evakuasi 26 ABK
Pixnio
Nasional

Kapal penangkap ikan KM Bandar Nelayan 188 mengalami kecelakaan di wilayah Samudera Hindia, Sabtu (15/5). Kapal yang berangkat dari Bali ini diketahui mengangkut 26 ABK.

WowKeren - Kapal penangkap ikan KM Bandar Nelayan 188 mengalami kecelakaan di Samudera Hindia, tepatnya di sekitar 650 mil (1.046 kilometer) laut sebelah barat Perth, Australia. Kapal ini diketahui mengangkut 26 warga negara Indonesia (WNI).

Untuk mengevakuasi para korban, Kementerian Luar Negeri berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Perth serta otoritas Australia. Setelah mendapat laporan tersebut, pemerintah Negeri Kangguru langsung memberikan bantuan dengan mengerahkan coast guard dan pesawat militer.

Selanjutnya pesawat militer itu menurunkan perahu karet untuk menyelamatkan 26 awak kapal. Berdasarkan keterangan Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsdya TNI Henri Alfiandi, seluruh awak kapal akan menjalani observasi di Asutralia sebelum dipulangkan ke Indonesia.

"Alhamdulillah sudah masuk ke kapal penyelamat semua. Jadi tidak langsung serta merta diserahkan. Mereka biasanya ditolong, dirawat, kemudian diserahkan ke Imigrasi, baru diserahkan ke negara atau dipulangkan," kata Henri, dilansir dari CNNIndonesia, Sabtu (15/5).


Henri juga mengungkapkan bahwa kapal tersebut milik PT Bandar Nelayan. Kapal ini berangkat dari Bali untuk mencari ikan di perairan internasional dan tidak menemui kendala cuaca, sehingga penyebab tenggelamnya diperkirakan berasal dari dalam.

"Biasanya mencari ikan, mungkin ada masalah di dalam, ada kebocoran seperti itu. Tidak ada topan atau badai, enggak. (Kondisi cuaca) normal," ungkapnya.

Saat kecelakaan itu terjadi, kapal tidak tenggelam sepenuhnya, sebab anjungannya masih muncul di permukaan. Henri menjelaskan, "(Perairan) dangkal. Anjungannya mencuat, sebagian nelayan masih ada tadi (di atas anjungan) ada fotonya, berdiri 3-4 orang, sebagian sudah masuk ke perahu karet."

Lebih lanjut, Henri menuturkan bahwa kapal tersebut mencari ikan cukup jauh, yakni sekitar 1.520 Nautica Mile (NM) atau setara 3.000 hingga 4.000 kilometer dari Bali ke lokasi kecelakaan kapal. Sedangkan jarak dari lokasi kecelakaan ke Perth adalah sekitar 697 NM atau 1.500 kilometer.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait