Bupati Bandung Mendapati Ratusan PNS Tidak Masuk Pada Hari Pertama Usai Libur Lebaran
pxhere.com/ilustrasi
Nasional

Bupati Bandung mendapati ada sekitar dua ratusan PNS yang tidak hadir pada hari pertama kerja usai libur lebaran 2021. Bupati Bandung mendapati hal tersebut saat melakukan sidak diam-diam.

WowKeren - Pada Senin (17/5), merupakan hari pertama para Pegawai Negeri Sipil (PNS) kembali bertugas di kantor masing-masing. Akan tetapi masih ada banyak PNS yang kedapatan tidak hadir di hari pertama masuk kerja.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mendapati sebanyak dua ratusan PNS tidak hadir di hari pertama pascalibur lebaran 2021. PNS yang tidak hadir itu akan dikenai sanksi disiplin.

Dadang bersama wakilnya Sahrul Gunawan serta sejumlah pimpinan dinas melakukan sidak ke setiap OPD. Pelaksanaan sidak tersebut dilakukan secara diam-diam atau tidak memberitahu terlebih dahulu kepada setiap dinas terkait.

"Hari ini, hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran Idul Fitri, saya bersama Wakil Bupati, Sekdam Kadis, Kaban, Kasatpol, Inspektorat mengecek langsung tanpa diinformasikan," ujar Dadang usai mengecek Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Senin (17/5).


Dari hasil sidak diam-diam yang dilakukannya, terdapat 93 persen PNS tercatat hadir masuk kerja di hari pertama. Namun, sekitar 7 persen di antaranya diketahui tidak hadir di hari pertama kerja usai libur lebaran.

Dari 4.063 orang PNS, ada sebanyak 249 orang yang dilaporkan tidak hadir di hari pertama kerja. "Tadi pertama kami ke BKAD, Disperkimtan, Disdik, Alhamdulillah tingkat kehadiran sekitar 93 persen dari 4.063 karyawan yang ada di Pemda, sisanya belum ada keterangan," imbuhnya.

Dadang menyampaikan akan bersikap tegas kepada PNS yang tidak hadir di hari pertama kerja usai libur lebaran. Di sela-sela melakukan sidak, Dadang beserta jajarannya melakukan halal bihalal kepada setiap PNS di OPD yang dikunjunginya. Selain itu, ia pun memberikan sejumlah instruksi agar kinerja pemerintahan dapat diperbaiki termasuk kebersihan lingkungan Pemkab Bandung.

"Kemudian, setelah kami melakukan ke beberapa OPD, saya menemukan ada yang harus diperbaiki, terkait kebersihan dan penyelesaian masalah," tutup Dadang.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lima kantor dinas Pemprov Sumut. Edy pun merasa geram mengetahui ada PNS yang tidak masuk kerja di hari pertama usai libur lebaran.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru