Larangan Mudik 2021 Telah Berakhir, KRL Kembali Beroperasi Normal
pexels.com/JULIO NERY
Nasional
Mudik di Tengah Corona

Libur lebaran dan larangan mudik 2021 telah berakhir. Dengan begitu, KAI Commuter kembali mengoperasikan seluruh KRL secara normal yang dimulai pada Selasa (18/5) hari ini.

WowKeren - PT KAI Commuter diketahui telah kembali mengoperasikan layanan KRL hingga pukul 22:00 WIB. Pengoperasian tersebut telah dimulai pada Selasa (18/5) hari ini. Kebijakan itu diambil seiring berakhirnya larangan mudik 2021.

Dengan berakhirnya larangan mudik 2021 itu, KRL kembali beroperasi normal. KRL juga kembali membuka stasiun-stasiun yang berada di wilayah Kabupaten Lebak yakni Stasiun Maja, Citeras, dan Rangkasbitung.

"Setelah beroperasi kembali hingga pukul 22:00 WIB mulai hari ini, jumlah perjalanan KRL menjadi 984 perjalanan setiap harinya," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Selasa (18/5).

Dengan dioperasikannya secara normal, pihak KAI Commuter berharap para penumpang atau pengguna KRL bisa lebih mengatur dan merencanakan perjalanan sebaik mungkin. Hal itu perlu dilakukan agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam kereta. Selain itu, para penumpang diharapkan tidak memaksakan diri naik kereta yang sudah penuh.


Selama masa libur lebaran dan larangan mudik 2021, KRL Jabodetabek telah melayani setidaknya 3,7 juta pengguna atau rata-rata 314 ribu pengguna per hari. Pihak KAI Commuter mencatat volume pengguna tertinggi terjadi pada Senin (10/5), sebanyak 412,5 ribu orang.

Sementara untuk volume pengguna terendah terjadi pada Rabu (12/5) atau satu hari sebelum lebaran yakni sebanyak 212,3 ribu orang. "Meskipun beroperasi dengan pembatasan, selama masa libur lebaran ini KAI Commuter berusaha meningkatkan layanan KRL kepada para penggunanya," beber Anne.

Lebih lanjut, KAI Commuter mengoperasikan sejumlah perjalanan KRL tambahan dari 14 Mei guna mengantisipasi kepadatan para pengguna di masa libur lebaran. KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 900 KRL saat libur lebaran. Hal itu terjadi setelah ditegur oleh Menteri Perhubungan Budi Karya akibat penumpukan penumpang.

Di sisi lain, KAI Commuter juga menggelar tes acak antigen COVID-19 di empat stasiun pada 15-16 Mei 2021. Adapun keempat stasiun tersebut adalah Stasiun Manggarai, Bogor, Duri, dan Bekasi. Dari tes acak yang dilakukan, sebanyak 450 sampel dinyatakan negatif COVID-19.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts