Kemenlu Pastikan Indonesia Terus Galang Dukungan Untuk Palestina Usai Terima Surat Dari Hamas
Twitter/Kemlu_RI
Nasional

Pemimpin Hamas mengirimkan surat kepada Presiden RI Jokowi untuk menggalang dukungan di negara-negara dunia terhadap Palestina. Namun, saat ini Israel dan Palestina telah sepakat untuk gencatan senjata.

WowKeren - Konflik yang tak kunjung reda antara Israel dan Palestina membuat Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo. Tujuan dikirimkannya surat tersebut adalah untuk memobilisasi dukungan negara Islam dan internasional terhadap Palestina.

Menindaklanjuti surat yang dikirim oleh Ismail, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Indonesia memastikan pemerintah RI telah dan terus menggalang dukungan negara-negara di dunia untuk penyelesaian konflik Israel-Palestina. Seperti yang diketahui, selama ini Indonesia turut serta dalam memberikan bantuan kepada Palestina.

"Terlepas dari adanya surat termaksud, Indonesia telah dan terus aktif menggalang dukungan negara-negara dunia bagi penyelesaian konflik Israel-Palestina melalui berbagai jalur," ujar Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah saat dihubungi Detiknews.com, Kamis (20/5).

Faizasyah mengungkapkan salah satu jalur yang ditempuh adalah melalui bilateral dengan berkomunikasi secara intens ke berbagai mitra Indonesia. Kemudian pemerintah juga terus menggalang dukungan melalui jalur kerja sama kawasan.

"Jalur bilateral melalui komunikai intens Menlu RI (Retno Marsudi) dengan banyak mitranya," terang Faizasyah. "Jalur kerja sama kawasan melalui pernyataan bersama tiga kepala pemerintahan (RI, Malaysia, dan Brunei)."


Lebih lanjut, Faizasyah mengatakan bahwa pemerintah Indonesia juga menggalang dukungan melalui jalur multilateral yakni Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Gerakan Nonblok. Menurutnya, dukungan yang digalang Indonesia bermuara pada upaya yang juga tengah didorong pemerintah RI di PBB.

"Semuanya bermuara pada upaya yang sedang didorong Indonesia di Majelis Umum PBB," lanjutnya. "Seraya juga mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menjalankan mandatnya sesuai amanah Piagam PBB."

Dengan demikian, Indonesia menggunakan berbagai forum untuk memperjuangkan penyelesaian konflik antara Israel dengan Palestina. Seperti yang diketahui, Ismail telah mengirimkan surat kepada Jokowi untuk meminta dukungan kepada negara-negara di dunia terhadap Palestina.

Melansir Anadolu Agency, surat tersebut disampaikan kepada Jokowi pada Selasa (18/5). Dalam surat tersebut, kelompok militan Palestina menuliskan perihal agresi Israel ke Palestina.

"Kami meminta anda untuk segera bertindak dan memobilisasi dukungan Arab, Islam dan internasional," bunyi surat tersebut. "Dan untuk mengambil sikap yang jelas dan tegas untuk mewajibkan penduduk Israel segera menghentikan agresi dan terornya di Jalur Gaza."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait