Gempa Blitar Dimutakhirkan Jadi 5,9 Magnitudo, Sejumlah Daerah Ikut Kena Dampaknya
pexels.com/Wilson Malone
Nasional

Gempa bumi yang berpusat di Blitar juga turut mengguncang sejumlah wilayah di Tanah Air. Dampak kerusakan dari gempa bumi itu pun juga dirasakan oleh sejumlah daerah.

WowKeren - Pada Jumat, sekitar pukul 19:00 WIB, gempa bumi berkekuatan 6,2 yang kemudian dimutakhirkan jadi 5,9 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Hingga pukup 20:00 WIB, tercatat ada 2 kali gempa susulan masing-masing berkekuatan 3,1 dan 2,9 magnitudo.

Dilansir dari Kompas.com, getaran gempa Blitar M 6,2 ini dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, dan bandul lonceng dapat berhenti.

Kepala Terminal Bus Blitar, Verie Sugiharto, mengonfirmasi adanya sejumlah bagian dari atap terminal bus yang rusak akibat gempa tersebut. Verie menyebut ada sejumlah genteng rontok di terminal yang berada di Jalan Kenari itu.

"Akibat dari gempa Malang lalu belum beres perbaikannya, ini kena lagi. Tapi, hanya genteng rontok di atap jalur pemberangkatan lajur 7," ujar Verie Sugiharto lewat sambungan telepon.


Tapu untungnya kejadian itu tidak mengakibatkan korban manusia, meskipun hampir menimpa seorang anggota polisi yang piket jaga di terminal.

Sementara itu, seorang staf BPBD Kabupaten Blitar, Lukman, mengatakan sudah ada beberapa laporan kerusakan akibat gempa. Meski belum detail, kata dia, sementara laporan masuk adanya kerusakan terjadi di wilayah Kecamatan Wates, Kecamatan Talun, Kecamatan Selopuro, dan Kecamatan Wonotirto. Mayoritas laporan kerusakan banyak datang dari wilayah Blitar bagian timur dan selatan.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Blitar Christine Indrawatiy mengonfirmasi terjadinya kerusakan dinding dan atap puskesmas di Kecamatan Wates. "Laporannya ada beberapa titik. Sekitar enam titik, antara lain ruang IGD, beberapa ruang lain dan yang paling parah ruang rawat inap," ujar Christine.

Sementara itu, guncangan gempa bumi dengan skala intensitas IV dirasakan di wilayah Karangkates, Sawahan, Nganjuk, Lumajang, Tulungagung dan Malang. Gempa bumi di Blitar juga dirasakan warga di wilayah Banyuwangi, Pasuruan, Ponorogo, Mataram, Trenggalek, Pacitan, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Kuta, Denpasar, Gianyar, Lombok Barat, Ngawi, Tabanan merasakan getaran gempabumi dengan skala intensitas III MMI.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait