Dampak Gempa Bumi 5,9 Magnitudo Blitar Hancurkan Sejumlah Bangunan Wilayah Sekitar
pxhere.com/ilustrasi
Nasional
Bencana Gempa 2021

Bencana gempa bumi berkekuatan 5,9 magnitudo menghantam Kabupaten Blitar pada Jumat (21/5) malam. Akibatnya, sejumlah bangunan di sekitar wilayah Blitar turut mengalami kerusakan.

WowKeren - Bencana gempa bumi kembali menghantam wilayah Indonesia, tepatnya di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Gempa bumi berkekuatan 5,9 magnitudo itu terjadi pada Jumat (21/5) sekitar pukul 19.00 WIB.

Getaran gempa bumi di Blitar itu turut dirasakan oleh hampir semua penduduknya, bahkan juga wilayah sekitar, termasuk Pasuruan. Dampak dari gempa berkekuatan 5,9 magnitudo itu berdampak signifikan di Pasuruan. Ada sekitar 8 bangunan di dua kecamatan dilaporkan rusak.

"Laporan sementara di Desa Pusung Malang, Kecamatan Puspo ada lima rumah dan satu masjid rusak," tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris, Jumat (21/5). "Sementara di Desa Kayukebek, Kecamatan Tutur ada dua rumah rusak."

Harris mengatakan bahwa kerusakan bangunan akibat gempa Blitar itu antara ringan dan sedang. Meski demikian, dipastikan tidak ada korban dari dampak itu, baik yang luka maupun jiwa.


Selain merusak bangunan di dataran tinggi lereng Bromo itu, getaran gempa juga turut dirasakan oleh warga dataran rendah. Adapun warga dataran rendah yang turut merasakan di antaranya Bangil, Gempol, Rejoso, Pasuruan Kota dan lainnya. Getaran gempa dirasakan antara 7-14 detik.

Dampak gempa berkekuatan 5,9 magnitudo itu juga menghantam sejumlah bangunan di Lumajang. Tercatat ada tiga rumah warga yang mengalami rusak berat, bahkan salah satunya ambruk total.

Adapun rumah-rumah yang mengalami kerusakan yakni berada di Desa Bulu Rejo, Kecamatan Tempursari. Kemudian yang kedua berada di Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwa yang mengalami ambruk sebagian.

Sementara untuk yang mengalami ambruk total terjadi di Besuk Cukit Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Meski demikian, hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa atau luka-luka.

Seperti yang diketahui, gempa bumi menyerang Kabupaten Blitar yang mulanya berkekuatan 6,2 magnitudo, kemudian dimutakhirkan menjadi 5,9 magnitudo ini juga dirasakan oleh masyarakat sekitar. Gempa Blitar ini berkoordinat di 8.63 LS-112.34 BT (57 KM Tenggara Blitar. Meski demikian, BMKG mengatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts