'JokowiKritikPresidenRI' Mendadak Trending di Twitter, Ada Apa?
Instagram/jokowi
Nasional

Pada Sabtu (29/5) pagi, kata-kata 'JokowiKritikPresidenRI' masih menjadi trending topic di Twitter. Apa yang terjadi hingga Presiden Joko Widodo disebut mengkritik dirinya sendiri?

WowKeren - Pada Sabtu (29/5) pagi, kata-kata "JokowiKritikPresidenRI" menjadi trending topic nomor 2 di Twitter. Lantas, apa yang sebenarnya sedang terjadi hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut mengkritik dirinya sendiri?

Usut punya usut, hal itu ternyata dikaitkan warganet dengan pidato Jokowi saat menyoroti buruknya kualitas perencanaan program pemerintah. Menurut Jokowi, perencanaan program yang buruk ini kerap terjadi di proyek infrastruktur.

\'JokowiKritikPresidenRI\' Mendadak Trending di Twitter, Ada Apa?

Source: Twitter

Jokowi mengaku sering menemukan sesuatu yang tidak beres saat melakukan peninjauan di beberapa proyek. Karena itulah dia meminta jajarannya untuk meningkatkan kualitas perencanaan, baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Saya melihat masih ada program yang tidak jelas ukuran keberhasilannya. Tidak jelas sasarannya, anggarannya yang mau disasar apa. Sehingga ini tidak mendukung pencapaian dari tujuan, dan tidak sinkron dengan program atau kegiatan lainnya," kata Jokowi dalam pidatonya, Kamis (27/5).

Ia lantas memberi contoh beberapa potret kesenjangan pembangunan di pusat dan daerah. "Saya melihat, saya ini di lapangan terus, ada waduk enggak ada irigasinya. Irigasi primer, sekunder, tersier enggak ada. Saya temukan di lapangan," imbuh Jokowi.

Menurutnya, kesenjangan tersebut telah membuat kinerja pemerintah tidak optimal. Akibatnya, masyarakat menjadi pihak yang dirugikan karena tidak menerima manfaat dari program tersebut.


"Tidak sekadar mengulang-ulang terus perencanaan dari tahun-tahun sebelumnya. Sehingga tidak pas, tidak adaptif terhadap situasi hari ini," keluh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Pernyataan Jokowi tersebut menjadi perbincangan ramai di media sosial, khususnya Twitter. Meski perkataan tersebut ditujukan kepada jajarannya, netizen beranggapan Jokowi sedang mengkritik dirinya sendiri sebagai Presiden RI.

Salah satu yang turut memberi sindiran adalah tokoh Nahdatul Ulama (NU) Umar Hasibuan atau Gus Umar. "Pak Jokowi sedang mengkritik presiden Indonesia," tulis Gus Umar di Twitter sembari menautkan salah satu berita tentang pidato Jokowi, Kamis (27/5).

\'JokowiKritikPresidenRI\' Mendadak Trending di Twitter, Ada Apa?

Source: Twitter

Hal senada dituturkan oleh Politikus Demokrat, Yan Harahap. Ia berpendapat bahwa Jokowi tengah menunjukkan kinerja pemerintah yang mengecewakan.

\'JokowiKritikPresidenRI\' Mendadak Trending di Twitter, Ada Apa?

Source: Twitter

"Kembali terjadi, Pak Jokowi mengkritik kinerja PEMERINTAH yang tak 'becus', karena kualitas perencanaan program pemerintah yang sangat buruk. Menurutnya paling sering terjadi di proyek infrastruktur, ya INFRASTRUKTUR!" ungkap Yan di Twitter, Jumat (28/5).

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru