Kapal Pesiar AS Perdana Berlayar Sejak Pandemi, 2 Penumpang Malah Positif COVID-19
Dunia

Kapal pesiar Celebrity Millennium adalah yang pertama berangkat dengan penumpang AS sejak pandemi COVID-19 menyebabkan industri pelayaran ditutup pada tahun lalu.

WowKeren - Dua orang penumpang dinyatakan positif COVID-19 saat berada di atas sebuah kapal pesiar Celebrity. Padahal, kapal itu memiliki kebijakan yang mewajibkan semua awak dan penumpangnya mendapatkan vaksin terlebih dahulu sebelum bergabung.

Celebrity mengeluarkan pernyataan yang mengumumkan dua penumpang yang berbagi kabin di Celebrity Millennium dinyatakan positif terpapar virus pada pengujian "akhir pelayaran" 72 jam sebelum kapal kembali ke Amerika Serikat. Mereka mengatakan orang-orang tersebut tidak menunjukkan gejala. Pihak kapal pun segera melakukan penelusuran kontak untuk menekan penyebaran sedini mungkin.

"Orang-orang itu tidak menunjukkan gejala dan saat ini dalam isolasi dan dipantau oleh tim medis kami," kata perusahaan pelayaran tersebut. "Kami sedang melakukan pelacakan kontak, mempercepat pengujian untuk semua kontak dekat dan memantau situasi dengan cermat."


Pihak kapal mengatakan bahwa semua awak dan penumpang kapal wajib divaksinasi. Hal itu dilakukan dengan kebijakan yang mewajibkan penumpang menunjukkan bukti vaksinasi dan tes negatif COVID-19 sebelum berlayar dari St. Maarten Sabtu lalu.

Kapal pesiar itu adalah yang pertama berangkat dengan penumpang AS sejak pandemi COVID-19 menyebabkan industri pelayaran ditutup pada tahun lalu. Celebrity bulan lalu mengatakan juga siap untuk menjadi jalur pelayaran pertama yang berlayar dari Amerika Serikat ketika Celebrity Edge akan berangkat dari Port Everglades di Fort Lauderdale, Florida, pada 26 Juni.

Celebrity mengatakan akan mengikuti panduan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan mengharuskan setidaknya 95 persen awak dan penumpang divaksinasi sebelum mereka dapat naik ke kapal dalam perjalanan itu. Sebelumnya pada awal Mei lalu CDC telah mengeluarkan pedoman untuk kapal pesiar yang melakukan pelayaran percobaan.

CDC membagikan daftar instruksi teknis untuk simulasi pelayaran yang mencakup penumpang sukarela. Sebelumnya mereka telah menyatakan bahwa jalur pelayaran dapat kembali ke pelabuhan Amerika pada pertengahan Juli setelah memenuhi persyaratan tertentu.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts