Presiden Argentina Minta Maaf Usai Sebut Orang Brasil Berasal dari Hutan
Dunia

Presiden Argentina mengatakan bahwa ia tidak memiliki maksud tertentu melalui pernyataannya itu sembari menambahkan ia bangga dengan keberagaman yang ada

WowKeren - Presiden Argentina Alberto Fernandez meminta maaf usia memicu kehebohan Twitter dan debat ras regional. Ia memberi tahu Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez terkait asal-usul orang Meksiko dan Brasil.

Ia mengatakan bahwa orang Meksiko modern berasal dari masyarakat adat, orang Brasil "dari hutan", dan penduduk negaranya sendiri dari Eropa. Adapun pernyataan ini disampaikan olehnya pada hari Rabu (9/6) dalam upaya nyata untuk menekankan hubungan dekat antara Argentina dan Spanyol.

"Orang-orang Meksiko datang dari orang India, orang Brasil datang dari hutan, tapi kami orang Argentina datang dari kapal," kata Fernandez yang mengklaim kata-kata itu ditulis oleh penyair Meksiko Octavia Paz. "Dan itu adalah kapal yang datang dari Eropa."

Dia juga mengatakan kepada pemimpin yang berkunjung, "Saya seorang Eropa. Saya adalah seseorang yang percaya pada Eropa."


Mendapati pernyataannya tersebut ternyata menimbulkan kehebohan Fernandez pun segera meminta maaf. Tak sedikit pengguna media sosial yang mengkritik Fernandez karena ketidakpekaan rasial.

Ia mengatakan melalui cuitannya bahwa ia tidak memiliki maksud tertentu melalui pernyataannya itu sembari menambahkan ia bangga dengan keberagaman yang ada.

"Saya tidak bermaksud menyinggung siapa pun. Bagaimanapun, siapa pun yang merasa tersinggung saya meminta maaf," kata Fernandez di Twitter. "Pada paruh pertama abad ke-20 kami menerima lebih dari lima juta imigran yang tinggal bersama penduduk asli. Kami bangga dengan keragaman kami."

Media Brasil memuat pernyataan Fernandez pada hari Rabu dan banyak orang di media sosial bercanda bahwa Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro akan senang membalas pemimpin sayap kiri Argentina itu. Tak lama setelah itu, Bolsonaro mengunggah gambar melalui Twitter miliknya.

Dalam foto itu ia terlihat mengenakan penutup kepala suku asli, tersenyum di antara sekelompok orang Pribumi. Satu-satunya teks di tweet itu adalah kata "SELVA" dalam huruf kapital, dan disertai emoji bendera Brasil. Kata "selva" dalam bahasa Katala berarti "hutan."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts