Menag Minta Seluruh ASN Di Bawah Kementeriannya Beri Penghormatan Ke Merah Putih Setiap Tanggal 17
Unsplash/Mufid Majnun
Nasional

Menag meminta seluruh ASN di bawah kementeriannya untuk melaksanakan penghormatan kepada bendera merah putih setiap tanggal 17. Hal ini sebagi bentuk cinta tanah air dan pengabdian terhadap negara.

WowKeren - Seluruh aparatur sipil negara (ASN) setiap Senin selalu melaksanakan upacara bendera atau apel pagi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk cinta tanah air dan penghormatan kepada para pejuang yang telah gugur.

Belakangan, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa setiap ASN di Kementerian Agama (Kemenag) baik yang berada di instansi pusat maupun daerah, wajib mengikuti hormat bendera setiap tanggal 17. Kebijakan ini telah berlaku sejak pada Kamis (17/6) hari ini.

Yaqut menganggap bahwa hormat bendera setiap tanggal 17 itu merupakan lembar sejarah baru. Dengan adanya penghormatan bendera yang disertai dengan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan berdoa itu diharapkan bisa menjadi suatu komitmen kebangsaan bagi seluruh ASN di kementeriannya.

"Melalui kegiatan ini, saya berharap seluruh ASN akan semakin memiliki rasa syukur, cinta Tanah Air, sekaligus terpacu semangatnya untuk mengabdi secara total kepada bangsa dan negara," tutur Yaqut dalam keterangan tertulis, Kamis (17/6).


Yaqut menyampaikan bahwa penghormatan bendera setiap tanggal 17 itu dimuat dalam bentuk Instruksi Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa. Adapun tujuan dari diterbitkannya instruksi tersebut adalah sebagai upaya bersama memperkuat patriotisme dan nasionalisme.

Mengingat saat ini Indonesia masih berada dalam kondisi pandemi COVID-19, Yaqut menuturkan dalam pelaksanaan penghormatan bendera itu tetap mengedepankan protokol kesehatan. "Tentu, di tengah pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya terkendali saat ini, proses pelaksanaan kegiatannya wajib memperhatikan protokol kesehatan," terangnya.

Menurut Yaqut, sebagai abdi negara, ASN Kemenag memang sudah seharusnya ambil andil dalam pentingnya memperkuat pilar kebangsaan. Apalagi, ASN Kemenag berada di seluruh wilayah Indonesia dan sangat banyak.

"Mari jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk menerjemahkan nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan secara bersungguh-sungguh," tutup Yaqut. "Nilai-nilai luhur itu harus terus kita tanamkan dan praktikkan dalam kehidupan sehari-hari."

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts