Pengukuhan dan Pelepasan Tim Indonesia Untuk Olimpiade Tokyo Digelar Virtual, Ini Pesan Menpora
Unsplash/Kyle Dias
Nasional

Pengukuhan dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada pukul 08.00 WIB, dan pelepasan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada pukul 11.00 WIB.

WowKeren - Acara pengukuhan dan pelepasan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo akan digelar secara virtual pada Kamis (8/7) hari ini. Pengukuhan dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada pukul 08.00 WIB, dan pelepasan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada pukul 11.00 WIB.

Adapun seluruh atlet yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo mengikuti acara tersebut dari tempat masing-masing. Acara digelar secara virtual mengingat adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 20 Juli 2021.

Sedianya, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) berencana menggelar pengukuhan dan pelepasan kontingen Indonesia pada 5 Juli 2021 lalu. Namun diundur menjadi 8 Juli 2021 hari ini. Tim bulu tangkis Indonesia pun dapat ikut serta dalam acara tersebut karena mereka akan bertolak ke Jepang lebih awal pada Kamis malam nanti.

Dalam acara pengukuhan pagi ini, Menpora Zainudin Amali mengungkapkan bahwa acara terpaksa digelar secara virtual karena situasi pandemi COVID-19. Namun Zainudin menegaskan bahwa hal tersebut tak mengurangi makna tradisi pengukuhan kontingen Indonesia.


"Di tengah-tengah pandemi COVID-19, apalagi sekarang ini sedang meningkat di tempat kita, maka dengan segala upaya dan kerja keras dari CdM dan NOC Indonesia, akhirnya kita memutuskan pengukuhan dilaksanakan secara virtual," jelas Menpora Zainudin. "Tetapi ini tidak mengurangi makna dari tradisi pengukuhan kontingen yang kita lakukan pada setiap pemberangkatan kontingen Indonesia pada masa-masa normal sebelumnya."

Lebih lanjut, Menpora Zainudin mengungkapkan Indonesia akan mengirim 28 atlet di ajang Olimpiade Tokyo. "Kita harapkan akan menjadi maksimal hasilnya. Maksimal dalam perolehan medali," kata Menpora Zainudin.

Kepada para atlet yang akan diberangkatkan, Menpora Zainudin berpesan bahwa mereka adalah individu terpilih. Oleh sebab itu, mereka diharap tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk membuktikan diri dalam ajang Olimpiade tahun ini.

"Khusus untuk para atlet, pesan saya, Anda adalah yang terpilih dari sekian banyak atlet yang tentu ingin berkompetisi di Olimpiade. Tetapi tidak semua berkesempatan. Hanya Anda ber-28 yang berkesempatan," ujarnya. "Anggaplah bahwa ini adalah Olimpiade terakhir yang Anda ikuti. Anda jangan berpikir kalau gagal pada Olimpiade sekarang ini, Anda masih punya kesempatan untuk empat tahun ke depan."

Sebagai informasi, Indonesia akan memberangkatkan 28 atlet untuk berlaga di delapan cabang olahraga di Olimpiade Tokyo. Yakni 11 orang di cabor bulu tangkis, dua orang di cabor atletik, empat orang di cabor panahan, satu orang di cabor menembak, dua orang di cabor dayung, lima orang di cabor angkat besi, satu orang di cabor surfing, dan dua orang di cabor renang.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru