Atlet Angkat Besi Windy Cantika Raih Medali Pertama untuk RI di Olimpiade Tokyo
Instagram/windycantika11
Nasional

Atlet angkat beban berusia 19 tahun itu meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo, sekaligus menjadikannya raihan perdana untuk Indonesia. Berikut rekap hasil RI sejauh ini.

WowKeren - Indonesia turut mengirimkan atlet-atlet luar biasa untuk berlaga di Olimpiade Tokyo yang resmi dibuka Jumat (23/7) malam. Dan kini, Indonesia sudah resmi mendapatkan medali perdananya lewat aksi ciamik atlet angkat beban Windy Cantika Aisah (19).

Windy mendapatkan medali perunggu usai berlaga di cabor angkat besi nomor 49 kilogram pada Sabtu (24/7). Windy pun mendapat total angkatan 194 kg dari dua kategori yang dipertandingkan, yakni Snatch dan Clean & Jerk.

Raihan medali perunggu Windy ini pun dicapai dengan perjuangan berat. Di kategori Snatch, dari tiga kali percobaan yang diberikan, Windy dua kali gagal mengangkat bebannya.

Pada percobaan pertama atlet berusia 19 tahun itu gagal mengangkat beban 84 kg, dan baru berhasil mengatasinya di percobaan kedua. Di percobaan ketiga, Windy mendapat beban 87 kg namun gagal mengangkatnya.

Sementara di kategori Clean & Jerk, jerih payah Windy terbayar lunas. Ia melibas habis tiga percobaan dengan jumlah angkatan beban masing-masing 103, 108, dan 110 kg.


Di cabor ini sendiri, atlet asal India, Chanu Mirabai, mendapat medali perak. Sementara medali emas diraih oleh atlet Tiongkok, Zhihui Hou.

Mengutip infografis Liputan 6, total ada 28 atlet Indonesia yang diberangkatkan ke Olimpiade Tokyo. Mereka bertanding di 8 cabor, yakni angkat besi (angkat beban), atletik, bulu tangkis, dayung, menembak, panahan, renang, dan selancar.

Sementara itu, sejauh ini perwakilan Indonesia untuk cabor bulu tangkis terus menunjukkan ketangkasannya. Indonesia mengirimkan 7 wakil yang tersebar di tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Empat di antaranya sudah bertanding sampai Sabtu siang ini. Ganda Putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Tunggal Putra Jonatan Christie, Ganda Campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Ganda Putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya semua meraih kemenangan di pertandingan hari ini.

Sedangkan tim beregu campuran Indonesia untuk cabor panahan terpaksa kandas mimpinya oleh perwakilan Tokyo. Begitu pula dengan atlet menembak Vidya Rafika yang gagal melaju ke babak final Olimpiade Tokyo.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait