PPKM Level 4 Diklaim Tunjukkan Hasil Yang Baik Dalam Penanganan COVID-19
Instagram/dishubdkijakarta
Nasional

Penerapan PPKM Level 4 tampaknya menunjukkan hasil yang positif, seperti yang terjadi di DKI Jakarta. Tak hanya itu, ada sejumlah kabar baik atas penanganan COVID-19 oleh pemerintah.

WowKeren - Angka COVID-19 di Indonesia masih tinggi, sejumlah wilayah pun saat ini tengah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4. Dengan begini, artinya bahwa pandemi COVID-19 di Indonesia belum berakhir.

Meski demikian, buah dari kebijakan PPKM Level 3 dan 4 mulai terlihat. Di DKI Jakarta misalnya, angka kasus aktif COVID-19 telah mengalami penurunan hingga 100 ribu kasus. Tak hanya itu, Indonesia juga kembali kedatangan vaksin COVID-19 Moderna sebanyak 3,5 juta dosis pada Minggu (1/8) siang.

Terkait kedatangan vaksin Moderna itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangan pers virtual. "Sebagai hasil diskusi yang intensif baik dengan Secretary Blinken maupun dengan NSA Jack Sullivan, Amerika Serikat (AS), telah memberikan tambahan dukungan vaksin Dose-Sharing AS melalui COVAX Facility sebanyak 3,5 juta dosis yang tiba saat ini di Jakarta," terang Retno.


Di sisi lain, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka secara resmi program Vaksinasi Merdeka di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (1/8). Seperti yang diketahui, program ini merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah atas percepatan vaksinasi COVID-19 guna segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

Listyo mengatakan bahwa Vaksinasi Merdeka ini menargetkan 3 juta warga Jakarta yang belum divaksin COVID-19 bisa tuntas pada tahap pertama sebelum 17 Agustus 2021. Ia pun menyebut bahwa program tersebut merupakan gerakan pertama kali yang dibuat Polda Metro Jaya. Dalam pelaksanaannya, mereka menempatkan gerai atau posko vaksinasi COVID-19 yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa pelaksanaan PPKM Level 4 di Ibu Kota menunjukkan hasil yang positif. "Tanggal 16 Juli, di Jakarta, ada 113 ribu kasus, hari ini akhir Juli, 2 minggu kemudian 17 ribu, bayangkan turun 100 ribu kasus aktif," terang Anies di Polda Metro Jaya, Minggu (1/8).

Dengan adanya hasil yang menunjukkan positif dari PPKM Level 4 itu, Anies menjanjikan akan melakukan sedikit "pelonggaran" pembatasan aktivitas masyarakat. Akan tetapi, hanya berlaku pada warga yang telah divaksinasi COVID-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru