Masih Menunggu Kelanjutan PPKM Level 4, PB IDI: Jangan Jadi Guyonan Warga
Twitter/ProfesorZubairi
Nasional
PPKM Darurat

PPKM Level 4 berakhir pada Senin (2/8), hari ini. Semua pihak saat ini tengah menunggu keputusan dan pengumuman pemerintah terkait PPKM Level 4 diperpanjang atau tidak.

WowKeren - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 berakhir pada hari ini. Akan tetapi belum ada keputusan lanjutan terkait hal itu. Sementara itu, hingga saat ini masih menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo akankah PPKM Level 4 diperpanjang atau tidak.

Ketua Satgas COVID-19 PB IDI Zubairi Djoerban menanggapi pernyataan pemerintah yang akan mengumumkan nasib PPKKM Level 4 pada Senin (2/8) hari ini. Ia pun berharap agar pemerintah bisa memberikan keputusan yang tepat dan bijak.

Zubairi pun menyinggung terkait dengan keputusan pemerintah sebelumnya yang berlaku hingga Senin (2/8), khususnya aturan makan di tempat maksimal 20 menit bagi rumah makan yang malah mengundang reaksi konyol dari masyarakat. Ia pun meminta agar pemerintah tidak setengah-setengah dalam memberlakukan suatu kebijakan atau aturan.

"Semoga ada keputusan tepat dari hasil evaluasi dan bukti-bukti. Tegaskan kembali apa yang ingin kita capai," tulis Zubairi dalam Twitter pribadinya, @ProfesorZubairi, Senin (2/8). "Jangan setengah-setengah, sehingga malah jadi guyonan warga, seperti durasi makan 20 menit. Seolah-olah, 1000-an kematian per hari tidak ada artinya bagi kita. Bismillah."


Lebih lanjut, Zubairi berharap agar pemerintah mengambil keputusan sesuai dengan data dan fakta. Selain itu, ia juga berharap pemerintah bisa konsisten dalam menangani dan mengatasi pandemi COVID-19 hingga tuntas.

Zubairi juga mengimbau pemerintah serta masyarakat betapa pentingnya upaya bersama dalam menghadapi pandemi ini. Ia pun menekankan bahwa angka kematian akibat COVID-19 saat ini tengah tinggi dan mengkhawatirkan.

Di sisi lain, Epidemiolog dari Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman mengatakan bahwa idealnya, PPKM Level 4 tetap diberlangsungkan. Artinya bahwa, ia menyarankan agar PPKM Level 4 tetap dilaksanakan atau diperpanjang.

Adapun tiga alasan menurut Dicky, PPKM Level 4 harus tetap terlaksana. Pertama, tingkat positif yang terjadi di masyarakat masih tinggi, jauh di atas lima persen. "Dari kacamata epidemiolog, idealnya tetap dilanjutkan," tutur Dicky dalam pesan singkat kepada jpnn.com, Senin (2/8).

Kedua, belum ada wilayah yang berada di bawah angka ideal penyebaran COVID-19. Ketiga, walaupun angka ketersediaan tempat tidur (BOR) sudah turun, pemerintah harus mengetahui komposisinya.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts