RI Sabet Total 5 Medali di Olimpiade Tokyo: Langsung Peringkat 37, Siapkan Bonus Rp15 M
Nasional

HIngga hari Minggu (31/7) Indonesia masih berada di peringkat 50-an. Namun setelah mendapat tambahan 1 emas dan 1 perunggu, peringkat Indonesia naik ke posisi 37 pada Selasa (3/8) sore.

WowKeren - Indonesia sampai Selasa (3/8) hari ini total sudah meraih lima medali di Olimpiade Tokyo. Ke-28 atlet Indonesia sudah menyelesaikan pekerjaan mereka sebaik mungkin, dengan ditutup raihan medali perunggu oleh atlet bulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Melansir laman resmi Olimpiade Tokyo, Indonesia mengumpulkan 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Dan dengan capaian tersebut, Indonesia ternyata berhasil menduduki peringkat ke-37 dunia, bersama Austria dan Serbia.

Angka ini mungkin tidak terlalu impresif dan ekspektasi publik pun begitu tinggi. Namun patut diingat, Indonesia hingga Minggu (31/7) alias sehari sebelum Ginting, pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan atlet angkat beban putri Nurul Akmal bermain, Indonesia masih berada di urutan ke-57 dengan 1 medali perak dan 2 medali perunggu.

Medali emas tentu diraih oleh Greysia dan Apriyani yang sukses memecahkan banyak rekor juga untuk nomor ganda putri bulu tangkis Indonesia. Lifter putra Indonesia, Eko Yuli Irawan, mendapat medali perak di nomor 61 kilogram. Sedangkan peraih medali perunggu lain adalah Rahmat Erwin Abdullah di nomor angkat beban putra 73 kilogram dan Windy Cantika Aisah di nomor angkat beban putri 49 kilogram.


Mengutip Liputan 6, raihan 5 medali ini melampaui prestasi Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016 lalu. Dan selayaknya negara lain, Indonesia memberikan bonus untuk atlet yang sudah berhasil mengharumkan nama Tanah Air denga menyabet medali di Olimpiade Tokyo.

Pemerintah berjanji memberikan bonus Rp5 miliar untuk peraih medali emas, Rp2 miliar untuk peraih medali perak, dan Rp1 miliar untuk peraih medali perunggu. Maka berdasarkan rincian tersebut, Indonesia harus mengeluarkan bonus hingga total Rp15 miliar untuk keenam atlet berprestasi tersebut.

Dengan demikian, Greysia dan Apriyani masing-masing akan mendapat bonus Rp5 miliar, sedangkan Eko Yuli Rp2 miliar. Sementara Windy Cantika, Rahmat Irawan, dan Anthony Ginting masing-masing mendapat Rp1 miliar.

Di sisi lain, Olimpiade Tokyo masih berlangsung dan akan ditutup pada Minggu (8/8) mendatang. Setelahnya Jepang akan kembali siap menyambut para peserta Paralimpiade Tokyo yang akan diselenggarakan mulai 24 Agustus sampai bulan September 2021.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait