'Banjir' Baliho Tak Bikin Elektabilitas Puan Maharani Naik, Ganjar Pranowo Nomor Satu
Instagram
Nasional

Indonesia tengah 'dibanjiri' baliho beberapa elite politik seperti Puan Maharani dan Airlangga Hartarto. Namun elektabilitas mereka menurut survei oleh Charta Politika tetap di bawah 1%.

WowKeren - Lembaga survei Charta Politika menggelar jajak pendapat terkait elektabilitas sejumlah tokoh apabila Pemilihan Presiden digelar hari ini. Dan lewat survei bertajuk "Evaluasi Kebijakan dan Peta Politik Masa Pandemi" tersebut, beberap nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo keluar di urutan pertama dengan elektabilitas 16,2 persen.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di urutan kedua dengan elektabilitas 14,8 persen. Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 14,6 persen.

"Pada pertanyaan elektabilitas calon Presiden, dalam simulasi menggunakan banyak nama Ganjar Pranowo berada pada pilihan tertinggi," terang Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, Kamis (12/8). "Diikuti Prabowo Subianto dan Anies R. Baswedan."

Sejauh ini nama yang berada di daftar sepuluh besar masih berkutat pada sosok-sosok yang sama. Seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi keempat, diikuti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di urutan kelima.


Lalu ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama, Menteri Sosial Tri Rismaharini, eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di urutan 6-10. Hingga Khofifah, tingkat elektabilitasnya masih di kisaran 2 persen.

Yang cukup menyita perhatian, "banjir" baliho oleh Ketua DPR RI Puan Maharani maupun Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tak cukup kuat membawa nama mereka mendapat elektabilitas yang lebih baik. "Mbak Puan dengan baliho yang luar biasa ternyata masih di angka 0,7 persen, belum mencapai angka dari sosok-sosok yang setahu saya balihonya enggak sebanyak Mbak Puan ya. Airlangga juga," tutur Yunarto.

Charta Politika juga membuat simulasi dengan sepuluh nama, dan Ganjar kembali keluar di peringkat pertama. Anies, Prabowo, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil secara berturut-turut berada di urutan kedua hingga kelima.

Hasil yang sama didapat ketika Charta Politika membuat simulasi lima nama. Survei ini sendiri digelar Charta Politika dengan metode wawancara tatap muka dengan metode sampling multistage random sampling.

Jumlah responden mencapai 1.200 orang dengan periode survei 12-20 Juli 2021. Sedangkan margin of error-nya 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait