Dua Maskapai Ini Terpantau Terbang Dari Luar Negeri Di Masa Larangan WNA Masuk Indonesia
AFP
Nasional

Selama penerapan PPKM Level 4, pemerintah melarang WNA masuk ke Indonesia. Hal ini lantaran pemerintah tengah berupaya menekan angka penyebaran COVID-19, khususnya varian mutasi.

WowKeren - Pemerintah saat ini tengah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 16 Agustus mendatang. Di mana pada penerapan kebijakan ini, pemerintah juga melarang warga negara asing (WNA) masuk ke Indonesia.

Akan tetapi, pada kenyataannya, dua maskapai penerbangan yakni Lion Air dan Citilink terpantau flightradar24 sedang berada di Tiongkok dan terjadwal terbang ke Indonesia. Sebagaimana yang telah diatur, larangan WNA masuk ke Indonesia di masa PPKM Level 3-4, ditetapkan dalam Peraturan Menkumham Nomor 27 Tahun 2021.

"Sedangkan larangan memasuki wilayah Indonesia, baik secara langsung maupun transit di negara asing, tetap diberlakukan bagi pelaku perjalanan internasional yang berstatus WNA," tutur Novie Riyanto selaku Dirjen Perhubungan Udara dalam keterangan, Rabu (11/8). "Kecuali yang memenuhi kriteria sesuai ketentuan Permenkumham."


Sementara itu, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives) sekaligus Koordinator PPKM Level 4 Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, enggan memberikan penjelasan secara detail terkait dua maskapai tersebut. Ia hanya menyampaikan bahwa kewenangan mengenai hal itu ada di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Mohon dicek ke Kemenhub," ujar Jodi kepada Kumparan, Jumat (13/8). Jodi tidak banyak bicara terkait dua maskapai yang terbang dari Tiongkok dan masuk ke Indonesia saat penerapan PPKM Level 4 berlangsung.

Berdasarkan informasi dari aplikasi flightradar24, diketahui maskapai Lion Air dan Citilink, telah terjadwal akan terbang dari Tiongkok ke Indonesia di tengah penerapan PPKM Level 4. Adapun penerbangan Citilink itu dijadwalkan pada Jumat (13/8) pukul 22.40 waktu setempat, dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Sabtu (14/8) pukul 02.45 WIB.

Sedangkan untuk Lion Air, dijadwalkan berangkat pada Senin (16/8) pukul 06.30 WIB, dan mendarat pukul 13.35 waktu setempat di Wuhan. Kemudian pesawat kembali ke Jakarta di hari yang sama, dengan nomor penerbangan JT2618, pada pukul 15.10 waktu Wuhan, dan mendarat di Jakarta pada pukul 20.15 WIB.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait