Tunggu Keputusan PPKM Level 4, Polisi Sebut Ganjil-Genap Jakarta Bakal Dilanjutkan Jika Diperpanjang
Instagram/dishubdkijakarta
Nasional

Hingga saat ini, mengenai nasib PPKM Level 4 Jawa-Bali masih juga belum diumumkan oleh pemerintah. Hal ini pun masih ditunggu oleh sejumlah pihak, salah satunya kepolisian.

WowKeren - Pada Senin (16/8) hari ini, Pemberlakuan Penerapan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Jawa-Bali telah berakhir. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pemerintah terkait nasib PPKM Level 4 akan diperpanjang kembali atau tidak.

Sementara itu, polisi masih menunggu keputusan pemerintah terkait dengan perpanjangan PPKM Level 4. Hal ini kemudian pihak kepolisian akan kembali merumuskan apakah ganjil genap DKI Jakarta bakal diteruskan atau tidak.

"Hari ini tanggal 16 Agustus adalah hari terakhir untuk perpanjangan PPKM Level 4 tanggal 10 sampai 16 Agustus," tutur Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Depan Gedung MPR-DPR, Senin (16/8). "Nanti kita lihat perkembangan seperti apa, keputusan pemerintah seperti apa. Kalau memang PPKM Level 4 diperpanjang, tentu ganjil genap akan diperpanjang."

Sambodo menerangkan bahwa kebijakan ganjil genap selama PPKM Level 4 diberlakukan, bertempat di 8 titik ruas jalan utama di Jakarta. Kemudian ia mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah mengkaji kemungkinan penambahan titik pemeriksaan tersebut.


"Ke depannya akan kita evaluasi dengan stakeholder terkait apakah delapan kawasan ini atau dikurangi atau mungkin ditambah," lanjut Sambodo. "Karena secara fakta dan data, ganjil genap ini efektif untuk mengurangi mobilitas di kawasan ganjil genap."

Adapun 8 titik pemeriksaan ganjil genap itu terletak di Jalan Sudirman, MH Thamrin, Merdeka Barat, Majapahit, Gajah Mada, Hayam Wuruk, Pintu Besar Selatan, dan Gatot Subroto. Terkait dengan pelanggar kebijakan ini, Sambodo mengungkapkan hanya sedikit warga yang tertangkap melanggar ganjil genap.

Sambodo menjelaskan terkait hasil evaluasi yang dilakukannya atas kepatuhan masyarakat terhadap ganjil genap selama satu pekan, dinilai cukup baik. Ia pun mengapresiasi masyarakat karena mayoritas tertib menaati aturan penanganan COVID-19 tersebut.

Menurut Sambodo, ganjil genap efektif dalam menekan mobilitas masyarakat di saat PPKM Level 4 berlangsung. Dengan begini, polisi pun berharap jika nantinya diperpanjang, masyarakat bisa tetap taat dan patuh terhadap segala kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait