Berhasil Dievakuasi, Begini Kondisi 36 Pendaki yang Terjebak di Gunung Amonggedo Demi Rayakan HUT RI
Nasional

36 mahasiswa pecinta alam dilaporkan terjebak di Gunung Amonggedo, Konawe, Sulawesi Tenggara setelah melakukan pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-76 RI.

WowKeren - Sebanyak 36 mahasiswa dilaporkan terjebak di Gunung Amonggede, Desa Ulu Benua, Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Mereka diketahui melakukan pendakian dalam rangka mengibarkan Bendera Merah Putih saat HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia pada Selasa (17/8) kemarin.

Dan beruntung, pada Rabu (18/8) dini hari, ke-36 mahasiswa yang terjebak itu berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, menjelaskan para mahasiswa pecinta alam tersebut ditemukan saat akan menyeberangi sungai kedua.

"Pada pukul 01.21 WITA korban berhasil ditemukan pada saat akan menyeberangi aliran sungai yang kedua. Dimana kondisi arus sungai saat itu sudah bisa dilalui," kata Wahyudi, dikutip dari sultranesia.id, Rabu (18/8). "Seluruh korban berjumlah 36 orang berhasil dievakuasi, dan tiba di Posko Bendungan Ulu Benua dalam keadaan selamat."

Hal senada pun disampaikan oleh Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi. Aris menjelaskan bahwa kini seluruh operasi evakuasi telah dihentikan dan berbagai unsur yang ada, seperti TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, potensi SAR, serta warga setempat, telah dibubarkan.


"Mengingat seluruh korban telah dalam kondisi aman, pada pukul 03.00 WITA operasi ini dinyatakan selesai dan ditutup," pungkas Aris. "Seluruh unsur yang terlibat di lapangan dikembalikan ke satuannya masing-masing."

Puluhan mahasiswa pecinta alam ini dilaporkan telah berangkat ke Gunung Amonggedo sejak Senin (16/8) sekitar pukul 15.00 WITA. Demi mencapai puncak gunung yang dijadikan lokasi pengibaran bendera, para mahasiswa ini harus menyeberangi tiga sungai.

Setibanya di lokasi pada 17 Agustus 2021, mereka segera melakukan pengibaran serta penurunan bendera seperti yang diagendakan. Mereka pun berniat untuk pulang hari itu juga.

Sayangnya saat itu hujan deras turun, menyebabkan aliran tiga sungai yang mereka lalui sebelumnya meluap disertai dengan arus yang deras. Alhasil mereka terjebak di Gunung Amonggedo, bahkan sempat dilaporkan mulai kehabisan logistik, sampai akhirnya berhasil diselamatkan pada Rabu dini hari.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait