Wapres Ma'ruf Ungkap Jakarta Sudah Bisa Jadi Wilayah PPKM Level 1 Tapi Belum Diturunkan Karena Ini
Instagram/wapresri.go.id
Nasional
PPKM Darurat

Wapres Ma'ruf Amin juga meminta agar dilakukan percepatan vaksinasi di wilayah aglomerasi. Ia menilai capaian vaksinasi di beberapa wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek masih belum merata.

WowKeren - DKI Jakarta masih menjadi wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 hingga 20 September 2021 mendatang. Wakil Presiden Ma'ruf Amin lantas mengungkapkan bahwa wilayah Jakarta sendiri sebenarnya sudah bisa turun menjadi PPKM Level 1.

Pasalnya, capaian vaksinasi di DKI Jakarta telah mencapai 100 persen. Diketahui, capaian vaksinasi menjadi salah satu penentu penurunan PPKM Level suatu wilayah.

Meski demikian, penetapan Level PPKM wilayah aglomerasi mengacu pada capaian vaksinasi terendah di kabupaten/kota tersebut. Oleh sebab itu, DKI Jakarta kini masih berstatus PPKM Level 4 karena capaian vaksinasi di wilayah sekitarnya masih rendah.

"Jakarta itu sudah bisa ke Level 2, bahkan 1. Tapi ketentuan kita dari level 3 ke 2 itu harus tervaksin 50 persen, dari (PPKM Level) 2 ke 1 itu harus sudah divaksin 70 persen," papar Ma'ruf dalam konferensi pers pada Kamis (16/9). "Jakarta sudah di atas (70 persen) tapi belum diturunkan, masih level 3, karena sekitarnya belum (mencapai vaksinasi 70 persen)."


Ma'ruf pun meminta agar dilakukan percepatan vaksinasi di wilayah aglomerasi. Ia menilai capaian vaksinasi di beberapa wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek masih belum merata.

"Daerah-daerah sekitarnya, Tangerang Raya, Bekasi, Bodebek namanya, Bogor Depok Bekasi itu masih rendah. Karena itu, sekarang program vaksinasi kita mengarah kepada daerah-daerah sekitarnya ini mempercepat," paparnya.

Sementara itu, pemerintah sendiri disebutnya terus mempercepat pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 demi mencapai kekebalan berkelompok alias herd immunity. Ma'ruf pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Di sisi lain, pemerintah telah memperpanjang PPKM Level di wilayah Jawa-Bali hingga 20 September mendatang. Di masa perpanjangan kali ini, hanya ada tiga kabupaten/kota yang masih berstatus PPKM Level 4. Antara lain Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Purwakarta di Jawa Barat, serta Kabupaten Brebes di Jawa Tengah.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts