Dikira Warga Helikopter Jatuh, Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah Di Banyuwangi
pixabay.com/Ilustrasi
Nasional

Baru-baru ini, bencana alam puting beliung melanda salah satu Desa di Banyuwangi. Akibatnya, puluhan rumah di Desa tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah.

WowKeren - Bencana alam kembali menghadang wilayah di Indonesia. Adapun bencana itu adalah puting beliung yang terjadi di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim).

Sebelumnya, warga Dusun Sumberjo, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, mengira bahwa hal tersebut merupakan helikopter yang jatuh. Tetapi hal tersebut adalah puting beliung.

Puting beliung diketahui terjadi pada sekitar pukul 03.00 WIB. Akibat dari puting beliung itu, puluhan rumah di RT 01 dan 02 Dusun Sumberjo, Banyuwangi, mengalami kerusakan.

Sebagian rumah warga mengalami kerusakan di bagian atap. Selain itu, atap rumah warga lainnya juga rusak lantaran beberapa pohon tumbang dan menimpa rumah mereka.

Arief (30) salah satu warga mengaku kaget saat mendengar gemuruh keras di atas rumahnya, hingga akhirnya membuatnya terbangun dari tidurnya. Awalnya ia mengira bahwa suara gemuruh itu merupakan helikopter yang jatuh.


Mendengar suara gemuruh di atas atapnya itu, Arief langsung membangunkan istrinya, Misnah, kemudian mencoba untuk lari. Akan tetapi, dikarenakan atap tidak dilengkapi dengan asbes, maka genting rumah tiba-tiba saja berjatuhan. Saat keluar rumah, ia mengaku sempat sempoyongan lantaran diterjang angin kencang.

"Kaget juga karena suaranya mirip helikopter yang mau jatuh," terang Arief kepada detik.com, Minggu (19/9). "Kejatuhan genting. Bocor di kepala istri saya. Sempat sempoyongan. Muter gitu anginnya."

Hal serupa juga dialami oleh warga lainnya yakni, Wiwin (28). Ia mengaku menyelamatkan diri dari runtuhan genting melalui jendela depan. Sebab, rumah yang tertimpa pohon itu menutupi pintu keluarnya.

"Keluar rumah lewat jendela. Karena pintu terkunci akibat pohon tumbang. Untung selamat Pak," jelas Wiwin.

Sementara itu, Kapolsek Gambiran AKP Suryono Bhakti menambahkan bahwa selain merusak 35 rumah, angin puting beliung itu juga menumbangkan tiang listrik. Akibatnya, saat ini aliran listrik di wilayah tersebut terputus.

"Ada tiang listrik yang tertimpa pohon sehingga mengakibatkan kabel putus," beber Suryono. "Tapi sudah diperbaiki oleh pihak PLN Banyuwangi tadi pagi."

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts