Respons Kemenhub Soal Isu Pembukaan Penerbangan Internasional di Bandara Bali
Unsplash/Artur Tumasjan
Nasional
PPKM Darurat

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati memberikan penjelasan menyusul beredarnya kabar di media sosial yang menyatakan bahwa penerbangan internasional ke Bali sudah mulai dibuka.

WowKeren - Penerbangan internasional Bandara Ngurah Rai Bali diisukan telah dibuka untuk warga negara asing (WNA). Pihak Kementerian Perhubungan lantas buka suara atas isu tersebut.

Kemenhub menegaskan bahwa hingga saat ini, pintu masuk penerbangan internasional ke Indonesia hanya ada dua. Yakni melalui Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

"Sampai hari ini pintu masuk untuk penerbangan internasional hanya melalui Bandara Soekarno Hatta Jakarta dan Bandara Sam Ratulangi di Manado," jelas Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, Minggu (19/9). "Penjelasan ini perlu kami sampaikan menyusul beredarnya kabar di media sosial yang menyatakan bahwa penerbangan internasional ke Bali dan beberapa bandara internasional di Indonesia sudah mulai dibuka."

Pembatasan pintu masuk penerbangan internasional tersebut telah diatur dalam Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2021 dan Surat Edaran Menhub Nomor 74 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional pada masa Pandemi COVID-19. Inmendagri tersebut diterbitkan pada 13 September 2021.

"Kebijakan ini mulai berlaku efektif sejak 17 September 2021 dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan dinamika di lapangan," papar Adita. "Kami mohon kepada masyarakat agar selektif dan mengklarifikasi dahulu informasi yang beredar di media sosial, agar tidak menimbulkan kebingungan."


Adapun pembatasan pintu masuk internasional ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya varian COVID-19 baru dari luar negeri. Salah satunya Varian Mu (B1621).

Di sisi lain, Bandara Soekarno-Hatta kini menerapkan sejumlah aturan baru untuk penumpang pesawat dari luar negeri. Prosedur baru ini mulai diterapkan tanggal 19 September 2021 pukul 00.00 WIB.

Bandara Soetta menyiagakan enam checkpoint untuk pemeriksaan penumpang. Checkpoint pertama yakni penumpang rute internasional (WNI dan WNA) yang mendarat di Bandara Soetta akan dilakukan pendataan. Kedua, seluruh penumpang kemudian menuju area verifikasi dokumen kesehatan.

Ketiga, seluruh penumpang perjalanan internasional menjalani tes PCR di bilik yang masih berada di sekitar area kedatangan. Keempat, seluruh penumpang menjalani proses imigrasi dan bea cukai.

Kelima penumpang menuju area holding untuk persiapan pelaksanaan karantina sebelum akhirnya kembali ke tujuan masing-masing. Keenam, dalam menuju lokasi karantina, penumpang mengenakan bus dan dibantu oleh Polres Bandara Soetta.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts