Layanan Internet Telkomsel Dan IndiHome Sempat Alami Gangguan, Kini Penyebab Telah Teridentifikasi
Nasional

Layanan internet milik Telkomsel dan IndiHome diketahui mengalami gangguan, sehingga banyak penggunanya yang mengeluhkan hal tersebut. Kini pihaknya telah mengidentifikasi penyebab gangguan.

WowKeren - Layanan internet di jaman serba digital seperti saat ini diketahui menjadi kebutuhan bagi setiap individu. Dengan layanan internet, setiap individu bisa mengakses segala informasi ataupun hal lainnya yang ingin diketahui melalui HP pintar.

Salah satu layanan internet terbesar di Indonesia adalah PT Telkom Indonesia. Belakangan ini, layanan internet PT Telkom Indonesia dilaporkan mengalami gangguan koneksi.

Akibat dari gangguan koneksi ini, menyebabkan penurunan kualitas terhadap layanan internet fixed broadband (IndiHome) maupun mobile broadband (Telkomsel) di beberapa wilayah di Indonesia, bahkan ada yang mengeluhkan sampai benar-benar down. Menanggapi hal ini, pihak Telkom telah membenarkan ihwal gangguan layanan tersebut.

Sebelumnya, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, telah menyampaikan bahwa gangguan tersebut terjadi mulai sekitar Minggu (19/9) pukul 17.33 WIB. Reza menyampaikan bahwa gangguan layanan internet itu terjadi di laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan untuk ruas Batam-Pontianak.


Hal senada juga disampaikan oleh Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin. Ia mengungkapkan bahwa pihaknya tengah melakukan pemulihan terhadap layanan internet yang terdampak.

Pria yang akrab disapa Abe itu menuturkan bahwa gangguan jaringan Telkomsel dialami di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Terbaru, gangguan itu teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

"Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," terang Pujo Pramono selaku VP Corporate Communication Telkom dalam keterangan resmi, Senin (20/9).

Lebih lanjut, Pujo menerangkan bahwa akibat adanya gangguan jaringan itu, Telkom segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Termasuk juga dengan melakukan penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti Papua, Kalimantan, maupun Jawa.

Kemudian, kata Pujo, Telkom juga mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. "Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," tegas Pujo.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts