Mulai Hari Ini Rapid Test Antigen di Stasiun Tinggal Rp45.000, Berlaku di Mana Saja?
Flickr/dronepicr
Nasional
PPKM Darurat

Rapid test antigen menjadi salah satu syarat sebelum penumpang KA Jarak Jauh bisa melakukan perjalanan. KAI pun kini menurunkan harga rapid test antigen di stasiun.

WowKeren - Bepergian di tengah pandemi COVID-19 diikuti dengan banyak persyaratan ketat termasuk harus menunjukkan hasil negatif tes COVID-19. Salah satunya perjalanan dengan kereta api yang harus didahului dengan mengikuti rapid test antigen di stasiun yang disediakan dengan tarif Rp85.000.

Namun per Jumat (24/9) hari ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menurunkan tarif rapid test antigen di stasiun menjadi Rp45.000. "Penyesuaian tarif merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam sebuah rilis yang diterima Kompas, Kamis (23/9).


Joni menjelaskan rapid test antigen adalah salah satu syarat melakukan perjalanan dengan kereta api jarak jauh, sebagaimana diatur di Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 69 Tahun 2021. Selain itu, pelanggan KAI juga harus menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi COVID-19 dosis pertama.

Perihal tarif tersebut berlaku di 64 stasiun yang melayani rapid test antigen. Berikut adalah rincian ke-64 stasiun tersebut:

  1. DKI Jakarta: Gambir, Pasar Senen
  2. Jawa Barat: Bekasi, Cikampek, Karawang, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Cimahi, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang
  3. Jawa Tengah: Brebes, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Tegal, Pekalongan, Cepu, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Kebumen, Sidareja, Gombong, Solo Balapan, Klaten, Purwosari
  4. DI Yogyakarta: Yogyakarta, Lempuyangan, Wates
  5. Jawa Timur: Madiun, Blitar, Jombang, Kediri, Kertosono, Tulungagung, Nganjuk, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Lamongan, Jember, Ketapang, Banyuwangi, Rogojampi, Probolinggo, Kalisetail
  6. Sumatera Utara: Medan, Kisaran, Tanjung Balai, Tebing Tinggi
  7. Sumatera Selatan: Kertapati, Lahat, Lubuk Linggau, Prabumulih, Muara Enim, Martapura, Baturaja
  8. Lampung: Tanjungkarang, Kotabumi

Joni pun mengingatkan bahwa tidak semua masyarakat bisa mengikuti rapid test antigen di stasiun, sebab layanan ini hanya dibuka untuk penumpang yang sudah memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. Sedangkan untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun hingga kini belum diperbolehkan melakukan perjalanan dengan kereta api.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts