Penyelenggaraan PON XX Papua Makin Dekat, BNPB Sediakan Gerai Masker Di Lokasi Pertandingan
pixabay.com
Nasional

Mengingat PON XX Papua digelar di tengah pandemi COVID-19, maka persiapan penerapan prokes juga harus diperhatikan. Adapun prokes yang dimaksud adalah seperti memakai masker.

WowKeren - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan digelar sebentar lagi yakni pada 2 hingga 15 Oktober mendatang. Mengingat digelar di tengah pandemi, segala persiapan, terutama protokol kesehatan (prokes) telah dimatangkan.

Semakin dekat dengan hari penyelenggaraan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) turut andil dalam mendorong penerapan prokes saat PON XX Papua diselenggarakan. Salah satu bentuk dorongan BNPB adalah dengan menghadirkan gerai masker di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Marsekal Muda Asep Chaerudin selaku Supervisor Subsatgas Protokol Kesehatan PON XX Kabupaten Jayapura, menuturkan bahwa gerai masker didirikan dengan tujuan untuk mengendalikan penerapan prokes di wilayah Kabupaten Jayapura, terutama pada lokasi pertandingan. "Tugas kami adalah memberikan pemahaman lebih besar terkait protokol kesehatan di tempat-tempat yang terlibat dalam PON XX ini," terang Asep di Stadion Barnabas Youwe, Senin (27/9).


Lebih lanjut, Asep berharap dengan adanya gerai masker itu, bisa mendorong kesadaran masyarakat untuk disiplin menerapkan prokes, sehingga lonjakan kasus COVID-19 saat PON XX diselenggarakan bisa terhindarkan. Menurutnya, masyarakat sangat antusias atas penyelenggaraan PON XX ini. Maka dari itu, pihaknya terus mengimbau kepada masyarakat, pemda, atlet, official agar senantiasa mematuhi prokes.

Mengenai pendirian gerai masker itu, kata Asep, BNPB juga melibatkan sekitar 90 orang relawan. Gerai masker tersebut menargetkan 5 titik pendistribusian di Kabupaten Jayapura. Adapun total masker yang telah didistribusikan pada Senin (27/9), adalah sebanyak 8.375 buah.

Masker-masker tersebut dibagikan ke wilayah di antaranya adalah di Sekolah Tinggi Teologi (STT) Gereja Injil sebanyak 2 ribu buah masker. Kemudian di Stadion Lukas Enembe sebanyak seribu masker. Lalu seribu masker untuk lapangan terbang Advent Doyo Baru. Selanjutnya seribu masker di lapangan softball TNI AU, serta 3.375 masker di Stadion Barnabas Youwe.

Gerai masker tersebut nantinya akan beroperasi hingga 15 Oktober 2021, di Kabupaten Jayapura atau hingga perhelatan PON XX berakhir. Sementara itu, Kepala Subsatgas Prokes PON XX Kabupaten Jayapura, Gatot Satria Wijaya S menerangkan bahwa gerai masker di Stadion Barbanas Youwe akan dioperasikan jelang pertandingan sepak bola pada Selasa (28/9) hari ini.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru