PON XX Papua Tetap Dihadiri Penonton Meski Ada Kasus COVID-19, Bagaimana Prokesnya?
Instagram/ponxx2020papua
Nasional

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Mepora) Zainudin Amali telah memastikan bahwa para pengunjung tetap bisa menonton laga PON XX Papua secara langsung.

WowKeren - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali telah memastikan bahwa pengunjung tetap dapat menonton PON XX Papua secara langsung di venue pertandingan meskipun ditemukan sejumlah kasus COVID-19. Lantas, bagaimana penerapan protokol kesehatan di venue PON Papua?

Melansir Antaranews, penerapan prokes di venue kompetisi senam di Istora Papua Bangkit berjalan dengan cukup baik dan optimal. Penonton yang akan memasuki venue wajib menunjukkan bukti vaksinasi COVID-19 terlebih dahulu.

Apabil penonton belum divaksinasi, pihak panitia menyediakan rapid test antigen. Mereka baru boleh memasuki tribun dan menyaksikan pertandingan usai terbukti tak terjangkit COVID-19.

Di area tribun, tempat duduk para penonton diberi jarak satu sama lain. Penonton saling menjaga jarak sejauh dua kursi adalah salah satu prokes jaga jarak yang diterapkan di venue PON XX Papua.


Salah seorang penonton yang menyaksikan laga kualifikasi senam ritmik mengaku puas dengan penerapan prokes di Istora Papua Bangkit. Pria bernama Markus tersebut mengungkapkan bahwa pihak panitia akan mengingatkan penonton yang menurunkan atau melepas masker. Markus sendiri telah mengantisipasi penularan virus dengan memakai masker dobel.

"Ini bagus sih, diingatkan terus dari pengeras suara," ujar Markus kepada Antaranews, dikutip Kamis (7/10). "Lalu tadi ada yang turunin masker diingatkan juga sama panitia yang berjaga di dekat tribun."

Sementara itu, penonton lain bernama Eel dari Jayapura Utara menilai penerapan prokes di PON Papua telah berjalan baik. Ia mengaku rombongannya tetap bisa menjaga jarak dan tidak ada kerumunan berdesakan yang muncul.

"Kami datang satu rombongan, tapi saya merasa aman karena duduknya berjarak," papar Eel. "Jadi tetap bisa menjaga protokol kesehatan. Tidak berdesak-desakan."

Sebelumnya, Menpora Amali telah memastikan bahwa protokol kesehatan di venue pertandingan tetap diterapkan sesuai prosedur. Menurutnya, Presiden Joko Widodod sejak awal juga sudah meminta agar semua orang yang terlibat dalam penyelenggaraan PON XX Papua harus sudah divaksinasi COVID-19, termasuk penonton.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru