PPKM Diperpanjang Sampai November, Anak-Anak Boleh Masuk Bioskop dan Tempat Wisata Lagi
AP
Nasional
PPKM Darurat

Pemerintah mengumumkan perpanjangan PPKM Level 1-4 hingga November 2021. Terdapat beberapa pelonggaran, termasuk anak-anak boleh masuk bioskop, tempat wisata, dan area bermain di mal lagi.

WowKeren - Pemerintah memutuskan kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4. Untuk di Pulau Jawa dan Bali, PPKM diperpanjang hingga 1 November 2021, sedangkan di luar kedua wilayah tersebut diperpanjang 3 pekan sampai 8 November 2021.

"Mulai besok akan ada 54 kabupaten/kota di Level 2," kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Marives) Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin (18/10). "Dan 9 kabupaten/kota di Level 1."

Namun tentu saja perpanjangan PPKM ini diikuti dengan berbagai pelonggaran. Dan pelonggaran kali ini akan lebih banyak menyasar anak-anak, termasuk mereka yang berusia di bawah 12 tahun diizinkan kembali masuk ke tempat wisata hingga bioskop.

"Anak-anak di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk tempat wisata di Level 2 yang dapat menggunakan PeduliLindungi," ujar Koordinator PPKM Jawa-Bali tersebut. "Dengan didampingi orang tua."

"Kapasitas bioskop pada kabupaten/kota Level 2 dan 1 dapat dinaikkan 70 persen," sambung Luhut. "Anak-anak diperkenankan untuk masuk bioskop."


Pemerintah juga mengizinkan tempat wisata air di wilayah dengan PPKM Level 2 dan 1 untuk kembali beroperasi. Lalu pelonggaran yang kembali diberlakukan adalah berupa uji coba pembukaan tempat wisata di daerah PPKM Level 3 yang kembali ditambah, sesuai arahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Namun terdapat beberapa ketentuan ketat untuk diizinkannya anak-anak masuk ke tempat wisata selama pemberlakuan PPKM ini. Yang pertama, tempat permainan, yang umumnya berada di dalam pusat perbelanjaan tersebut, harus mencatat nomor telepon dan alamat orang tua anak.

Kemudian tempat permainan juga harus mencatat durasi waktu bermain anak-anak di area tersebut, yang dilakukan demi kebutuhan tracing. Sedangkan persyaratan terakhir adalah orang tua harus mengawasi aktivitas anak selama bermain di area permainan.

PPKM ini, seperti periode sebelumnya, terus dievaluasi dengan interval waktu tertentu. Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut untuk PPKM Level 1-4 di luar Jawa dan Bali akan dievaluasi kondisinya setiap pekan.

"Perpanjangan PPKM, disampaikan kepada Bapak Presiden dan disetujui di luar Jawa-Bali 19 Oktober sampai 8 November," tutur Airlangga. "Dalam 3 minggu dengan evaluasi dilakukan setiap minggu."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts