5 Kapal AL Rusia Masuk ke Laut Jepang Usai Sebelumnya Sempat 'Mondar-Mandir'
pixabay.com/Ilustrasi/MSeimori
Dunia

Kesepuluh kapal Rusia dan Tiongkok diyakini termasuk kapal yang ikut serta dalam latihan bersama yang dilakukan oleh kedua negara di Laut Jepang pada pertengahan Oktober lalu.

WowKeren - Lima kapal angkatan laut milik Rusia telah memasuki Laut Jepang melalui Selat Tsushima di barat daya negara itu. Diketahui sebelumnya, angkatan militer Rusia telah membentuk armada dengan lima kapal Tiongkok yang telah berlayar di sebagian besar kepulauan Jepang.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Kementerian Pertahanan pada Senin (25/10). Pihak kementerian saat ini masih menganalisa perkembangan terbaru. Menurut kementerian tersebut, kesepuluh kapal Rusia dan Tiongkok itu diyakini termasuk kapal-kapal yang ikut serta dalam latihan bersama yang dilakukan oleh kedua negara di Laut Jepang pada pertengahan Oktober lalu.

Pada Sabtu (23/10), Pasukan Pertahanan Maritim Jepang melihat lima kapal angkatan laut Rusia berlayar ke timur laut, sekitar 140 kilometer barat daya Tsushima, di prefektur Nagasaki di Jepang barat daya sekitar pukul 10 malam. Rombongan kapal itu kemudian memasuki Laut Jepang. Lalu keesokan harinya, sekitar pukul 10 pagi sebuah helikopter terlihat lepas landas dan mendarat di sebuah fregat, salah satu dari lima kapal Rusia yang berada di sekitar 60 km timur laut Tsushima.


Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihiko Isozaki mengatakan pemerintah mengikuti perkembangan ini dengan perhatian yang cukup tinggi. Jepang akan terus melakukan kegiatan pengawasan.

"Kami akan terus melakukan kegiatan pengawasan secara menyeluruh di perairan dan wilayah udara di sekitar Jepang," kata Isozaki. Sebanyak sepuluh kapal angkatan laut melewati Selat Tsugaru, yang terletak di antara pulau utama Honshu dan Hokkaido di Jepang utara pada 18 Oktober.

Mereka bergerak ke selatan di Samudra Pasifik dan transit melalui Selat Osumi di Prefektur Kagoshima, barat daya Jepang, sebelum memasuki Laut Tiongkok Timur. Adapun ini merupakan pertama kalinya Kementerian Pertahanan Jepang mengonfirmasi armada kapal Rusia dan Tiongkok telah melewati Selat Tsugaru atau Selat Osumi. Kapal perang Rusia kemudian berpisah dengan kapal Tiongkok di sekitar pulau di Nagasaki di Laut Tiongkok Timur pada Sabtu siang sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait