Persitiwa Nahas Longsor Timbun Rombongan Wisatawan di Gianyar, 2 Orang Dinyatakan Tewas
Nasional

Bencana alam longsor terjadi di Gianyar, Bali. Akibatnya, rombongan wisatawan yang disebut akan melakukan rafting itu menjadi korban, bahkan dua orang di antaranya dinyatakan tewas.

WowKeren - Di masa musim hujan yang tengah melanda Indonesia seperti saat ini, memicu terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Seperti yang belum lama terjadi di Kabupaten Gianyar, Bali.

Pada Kamis (25/11) hari ini, rombongan wisatawan yang terdiri dari 6 orang diketahui tertimbun tanag longsor di Sungai Ayung, Banjar Begawan, Kabupaten Gianyar, Bali. Adapun dalam peristiwa nahas ini, dua orang korban dinyatakan meninggal dunia. Satu di antara korban tewas diketahui merupakan Warga Negara Asing (WNA).

Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Presasta mengatakan bahwa enam orang tertimpa longsor, dua orang di antaranya meninggal, dua orang selamat, satu orang mengalami luka berat. "Kemudian yang masih pencarian satu orang," tutur Dibya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (25/11).

Dibya menerangkan mengenai kronologis kejadian secara singkat. Menurutnya, pada awalnya, rombongan wisatawan itu, akan melakukan rafting. Namun saat hendak melakukan kegiatan tersebut, tiba-tiba hujan lebat datang dan akhirnya mengurungkan niatnya.


Akan tetapi, saat hendak kembali ke pos penyedia rafting, kata Dibya, di sana lah kemudian terjadi tanah longsor. Dalam peristiwa nahas itu, lantas membuat rombongan wisatawan tersebut terseret dan tertimbun longsor.

Kendati demikian, saat mengetahui adanya longsor tersebut, warga sekitar segera memberikan pertolongan. Akhirnya, warga berhasil mengevakuasi lima dari enam orang korban, dan dari situ diketahui 2 orang di antaranya telah meninggal dunia.

Sementara mengenai identitas korban, Dibya mengaku belum mengetahui, dan pihaknya masih akan melakukan pencarian satu korban yang masih hilang. Selain itu, Dibya menerangkan bahwa rombongan wisatawan itu belum menemukan tempat untuk melakukan rafting. Artinya bahwa mereka masih mencari lokasi untuk melakukan kegiatan tersebut.

"Mereka itu belum turun, dan masih mau mencari lokasi rafting, ternyata batal karena hujan lebat dan tertimbun longsor karena pengaruh hujan lebat itu," tandas Dibya. "Iya (mereka) di bawah tebing."

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts