Gempa Bumi 7,5 M di NTT, BMKG Ingatkan Potensi Tsunami Sampai NTB-Sulawesi-Maluku
warning2.bmkg.go.id
Nasional

Gempa bumi dengan magnitudo 7,5 M terjadi di 112 kilometer barat laut Larantuka, NTT pada Selasa (14/12) dan diikuti dengan gempa bumi susulan bermagnitudo 5,6 dan 5,5 M.

WowKeren - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami di daerah Indonesia tengah. Lebih tepatnya di sekitar Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku.

Dalam pengumumannya yang diunggah di Twitter pada Selasa (14/12), BMKG melaporkan adanya getaran gempa bumi dengan magnitudo 7,5 pada pukul 10.20 WIB. Lokasinya sekitar 112 kilometer barat laut Larantuka, NTT dengan kedalaman titik pusat gempa 12 kilometer.

"Peringatan Dini #Tsunami untuk wilayah: MALUKU, NTB, NTT, SULSEL, SULTRA, #Gempa Magnitudo: 7.5, 14-Des-21 10:20:22 WIB," tulis BMKG, dipantau dari Twitter resminya. "Lokasi: 7.59 LS, 122.26 BT (112 km BaratLaut LARANTUKA-NTT), Kedalaman: 12 Km #BMKG."

Melansir laman resmi warning2.bmkg.go.id, BMKG mengarahkan agar peringatan potensi tsunami ini diteruskan ke masyarakat di daerah terdampak. "Ikuti arahan peringatan dini Tsunami dari BPBD, BNPB, dan BMKG," tegas BMKG.


Arahan yang dimaksud terbagi dalam tiga kategori, yakni Awas, Siaga, dan Waspada. Per pukul 10.39 WIB, BMKG memasukkan 4 daerah berpotensi diterjang tsunami berdasarkan pemodelan, dengan semuanya berstatus waspada.

Sedangkan per pukul 10.46 WIB, BMKG melaporkan adanya gempa bumi susulan dengan magnitudo 5,6 M dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi titik gempa di 89 kilometer barat laut Larantuka, NTT namun menurut BMKG gempa susulan ini tidak berpotensi tsunami.

"Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," imbuh BMKG. Informasi dari BMKG ini pun seketika menjadi sorotan warganet di Twitter yang mengabarkan bahwa gempa bumi yang terjadi juga dirasakan di beberapa daerah lain termasuk Makassar.

"Tadi terasa getarannya di makassar. doain kami guys semoga aman semua," tulis @L***o. "Kerasa di Ubud, Bali," sambung @_r***. "Flores dari Ujung Timur Larantuka ke Barat Labuan Bajo terasa banget," lanjut @fa***a.

Informasi terkini juga melaporkan adanya gempa bumi susulan lagi dengan magnitudo 5,5 M di 129 kilometer barat laut Maumere-Sikka, NTT.Episentrum gempa bumi di kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait