Kementerian PUPR Berencana Bangun Tol Bawah Air di Ibu Kota Negara Baru
Nasional

Saat ini pemerintah tengah menyiapkan pembangunan proyek IKN baru di Kalimantan Timur. Adapun proyek tersebut diawali dengan memikirkan pembangunan infrastruktur dasar.

WowKeren - Pemerintah tampaknya semakin serius atas proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Hal ini dapat dilihat dari pengesahan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi UU.

Meski demikian, sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan bahwa pihaknya masih belum mendapatkan alokasi anggaran untuk membangun IKN baru di Kalimantan Timur. Di sisi lain, Kementerian PUPR juga menyampaikan berencana akan membangun tol bawah air di IKN baru.

Bahkan, nantinya terowongan bawah air itu disebut akan dikoneksikan dengan jalan tol Balikpapan-Samarinda. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit kepada Antara.

"Bapak Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menginginkan bahwa teknologi yang kita pakai itu adalah teknologi yang terbaik, termasuk salah satunya adalah pemanfaatan terowongan penyeberangan bawah air atau submersible crossing," tutur Danang dalam keterangan di Jakarta, Senin (24/1).


Lebih lanjut, Danang menerangkan bahwa lokasi terowongan penyeberangan bawah air itu yang akan tersambung dengan jalan tol Balikpapn-Samarinda. Menurutnya, saat ini Kementerian PUPR tengah menyiapkan perencanaan teknis terincinya atau Detail Engineering Design (DED).

"Nanti akan ada satu tempat di mana akan tersambung ke IKN dan di situlah nanti pada saat akan menyeberang sungai, maka akan menggunakan terowongan penyeberangan bawah air," papar Danang.

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa rencana pembangunan tol bawah air itu bertujuan untuk melindungi kawasan area lindung di sekitar IKN. "Jadi kita tidak mau area lindung itu dirusak, kemudian juga terdapat area rawa di sekitarnya. Sehingga akses konektivitas jalannya melalui tol bawah air," ungkap Endra.

Sebelumnya, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara Danis H Sumadilaga menuturkan bahwa infrastruktur dasar akan menjadi prioritas dalam pembangunan IKN di Kaltim. Menurutnya, infrastruktur sumber daya air menjadi infrastruktur dasar yang disiapkan untuk pembangunan IKN.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru